oleh

Pasien Positif Covid-19 di Balikpapan Bertambah Enam Orang

BALIKPAPAN–Jumlah pasien positif terjangkit virus corona atau penyakit COVID-19 di Balikpapan, Kalimantan Timur, tercatat bertambah enam orang, sehingga total menjadi 12 orang.

Menurut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, di Balikpapan, Sabtu, tambahan enam orang ini empat di antaranya berhubungan dengan acara seminar di Bogor, Jabar, satu baru pulang dari Jepang, dan satu lagi baru pulang dari acara di Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebagian dari enam orang ini juga memiliki hubungan keluarga dengan enam orang positif corona yang pertama. ”Sebanyak empat orang masih ada hubungan keluarga. Lalu satu orang dari Gowa merupakan warga Banjarmasin yang transit di Balikpapan yang kemudian sakit, setelah diperiksa ternyata positif terpapar corona dan satu lagi pasien baru pulang dari luar negeri,” jelas Rizal.

Dengan demikian, jumlah kasus positif terpapar virus corona atau COVID-19 di Kaltim menjadi 19 kasus dari sebelumnya 11 kasus. Rinciannya, Kota Balikpapan 12 kasus, Kutai Timur 2 kasus, Samarinda 1 kasus, Bontang 1 kasus, dan Tenggarong 1 kasus.

Wali Kota mrminta warga Kota Minyak tetap tenang. ”Pemerintah kota dan instansi terkait di Balikpapan, juga swasta, BUMN, dan masyarakat, terus melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyebaran COVID-19 ini,” katanya.

Rizal juga menyatakan ada 40 orang dalam pemantauan (ODP) telah dinyatakan negatif COVID-19. ”Mereka dinyatakan negatif berdasarkan hasil uji sampel di laboratorium,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty. (ant)

Komentar

News Feed