oleh

Parade Jukung Hias, BKKBN Sulbar Tampilkan Gong Perdamaian Manakarra

BANJARMASIN–Parade perahu hias, ”Jukung Hias”, dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) banyak menarik perhatian publik Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peringatan XXVI Harganas di Sungai Martapura, Siring Menara Padang, diikuti 34 provinsi di Indonesia.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulbar menampilkan Tugu Gong Perdamaian Nusantara. Icon tugu Mamuju di Anjungan Pantai Manakarra yang sudah menjadi khas budaya diarak dengan perahu mengelilingi Sungai Martapura.

Tugu Gong Perdamaian Nusantara, yang dikelilingi enam buah pilar menandakan jumlah kecamatan yang ada di Mamuju. Yaitu, Kecamatan Mamuju, Kalumpang, Budongbudong, Tapalang, Kalukku, dan Simboro, banyak menyimak pertian pengunjung.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan ini diikuti 34 parade jukung hias. Masing-masing jukung membawa khas daerah, seperti DKI Jakarta menampilkan monas sebagai icon kotanya di atas jukung. Begitu juga dengan 33 daerah lainnya yang akan menampilkan icon khas daerahnya masing-masing.

Penampilan 34 jukung hias ini merupakan hasil koordinasi antara panitia Harganas dari BKKBN Pusat dengan Pemerintah Kota Banjarmasin. “Mereka minta kami untuk menampilkan jukung hias. Karena ada 34 daerah, maka 34 jukung yang diturunkan sesuai instruksi dari BKKBN Pusat sebagai panitia Harganas ke 26 yang diselenggarakan di dua kota yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru,” ujarnya.

Diperkirakan ada 15.000 orang dari 34 provinsi se Indonesia akan mendatangi Harganas ke 26 di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalsel. “Kehadiran peserta ini akan menambah pendapatan masyarakat Kalsel, khususnya Banjarmasin dan Banjarbaru,” kata Sahbirin.

Menurutnya, seluruh sektor usaha akan mengalami kenaikan, salah satunya perhotelan. Bahkan, perhotelan juga tidak mampu menampung segala peserta yang hadir. Untuk mengatasi hal tersebut, dia mengajak warga agar membuka penginapan-penginapan keluarga apabila hotel dan homestay penuh.

Peringatan Harganas, juga rangkaian beberapa kegiatan lain, yakni, pembukaan pelayanan Baksos, KB, Edu Camp, Inspeksi Visual Asetat (IVA), sunatan massal dan donor darah yang berlangsung di halaman Gedung Bina Satria Kencana Banjarbaru. (ian)

Komentar

News Feed