oleh

Pakan Ternak Pelepah Sawit Jadi Incaran Kemendes PDTT untuk Dikembangkan

PASANGKAYU–Pakan ternak dari pelepah daun sawit jadi incaran Kemendes PDTT (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) untuk dipasarkan di luar Sulawesi Barat. Pakan ternak hasil olahan Desa Parabu, Pasangkayu, dinilai dapat dikembangkan BUMDEs setempat.

Hasil peninjauan Kemendes PDTT menyarankan, BUMDes Parabu bisa mengajukan penyertaan modal ke APBDes, supaya usaha pengelolaan pakan ternak dari pelepah sawit bisa berkembang. Pembuatan pakan ternak dari Desa Parabu ini, merupakan juara harapan satu kategori pengelolaan program inovasi desa tingkat nasional. “Yang kami munculkan waktu mengikuti lomba di Jakarta, bagaimana pengembangan ekonomi,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pasangkayu, Arfan Lasibe, Selasa 16 Juli.

Menurut Arfan, Tim Kemendes PDTT, sudah melihat langsung metode pengelolaan pakan ternak tersebut. , Respon yang sangat baik. Mereka berjanji bakal dicarikan pasar di luar Sulbar, setelah melihat produksi cukup banyak. Apa lagi, selain untuk pakan ternak, juga bisa dijadikan pupuk.

Tim PDTT, kata Arfan, juga menyurvei beberapa desa di Pasangkayu yang memiliki potensi wisata dan layak untuk dikembangkan serta menjadi sumber pendapatan buat masyarakat. “Mereka di sini selama tiga hari, dan meninjau potensi wisata mangrove di Desa Kasano Kecamatan Baras, Pantai Koa-koa di Desa PolewaliKecamatan Bambalamotu, dan Pantai Desa Batuoge Kecamatan Pedongga, yang semuanya bisa dikelola oleh BUMDes,” tandasnya. (r3)

Komentar

News Feed