oleh

Pahlawan Masa Kini

-Kolom-1.240 views

KAMUS Besar Bahasa Indonesia mengartikan pahlawan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta pejuang yang gagah berani.

Pahlawan tidak selalu identik dengan orang-orang yang telah wafat dan berjasa di masa lampau dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tapi, siapa saja yang memiliki kesamaan sifat dan sikap dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara, itulah pahlawan masa kini.

Pahlawan Masa Kini

Sikap dan sifat kepahlawanan masa kini ditandai sejumlah karakter berikut ini;
Pahlawan adalah orang yang berani menyatakan kebenaran terhadap siapapun. Betapa banyak orang yang melakukan kecurangan dan kesalahan yang disengaja dan banyak pula orang yang mengetahuinya bahwa itu curang dan salah, namun hanya segelintir yang berani mengungkapkan kecurangan dan meluruskan yang salah itu kepada pelakunya dan masyarakat luas.

Pahlawan adalah orang yang memberangus kezaliman. Saban hari selalu ada berita orang-orang dizalimi. Haknya dirampas dan dikebiri. Tapi pada saat yang sama muncul juga orang-orang yang tampil di depan untuk membela hak-hak orang yang dirampas.

Dia hadir untuk memberangus tindakan zalim. Dia rela berkorban waktu, ilmu dan harta hanya untuk membela kebenaran. Kezaliman yang terjadi di depan matanya itu sangat menggugah dan memiris hatinya, sehingga dia melakukan apa saja untuk bisa mendepak kezaliman itu tak terjadi lagi di manapun di jagad ini.

Pahlawan adalah orang yang berjuang mengentaskan kemiskinan. Sampai saat ini bangsa kita masih dirundung kemiskinan. Namun ada saja segelintir orang yang terpanggil untuk mengentaskan kemiskinan lewat sejumlah kegiatan ekonomi. Ada yang memberi modal tanpa agunan dan bunga, ada yang memberi pendampingan agar usaha maju dan berkembang, ada yang memberi bekal keterampilan untuk hidup mandiri dan lain sebagainya.

Pahlawan adalah orang yang berkutat dengan waktu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sungguh senang melihat bangunan-bangunan sekolah, madrasah, pondok pesantren dan tempat pendidikan lainnya yang dibangun oleh sejumlah orang yang peduli pendidikan dengan dana sendiri. Mereka berprinsip bahwa martabat dan harkat suatu bangsa dapat dinilai dari tingkat kecerdasan kehidupan bangsanya. Semakin cerdas kehidupan suatu bangsa maka semakin terhormat pula bangsa itu.

Pahlawan adalah orang yang mendedikasikan diri dan ilmunya untuk kehidupan orang banyak. Kini, di era Korona saban hari kita menyaksikan, mendengarkan berita-berita heroik dari para tenaga medis berkutat dengan waktu untuk menyelamatkan hidup manusia. Mereka adalah garda terdepan dalam upaya menyelamatkan hidup banyak manusia dari serangan Covid-19 yang telah banyak memakan korban.

Bahkan diantara mereka pun sudah banyak yang gugur dipapar Covid-19 di tengah mereka berjuang menyembuhkan dan memulihkan orang-orang yang terpapar Covid-19. Mereka adalah pahlawan-pahlawan masa kini.

Pantaslah kalau mereka dinobatkan sebagai pahlawan masa kini yaitu orang-orang yang banyak pahalanya. (***)

Komentar

News Feed