oleh

Ombudsman Sulbar Terima 108 Aduan Publik

MAMUJU–Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat menerima aduan publik sebanyak 108 kasus dan saat ini telah diselesaikan sebanyak 90 persen.

”Berdasarkan proses pra-rapat kerja raker dan evaluasi di internal ombudsman Sulbar terdapat gambaran progres beban kerja dan penyelesaian pengaduan di kantor Ombudsman Sulbar,” kata Kepala perwakilan Ombudsman Sulbar Lukman Umar di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, dari sekitar 108 jumlah pengaduan publik selama Tahun 2019 yang diterima Ombudsman Sulbar sekitar 90 persen di antaranya telah ditangani.

Menurut dia hasil prakerja dan evaluasi internal Ombudsman Sulbar Tahun 2019 akan disampaikan kepada Omudsman di tingkat pusat, disamping juga akan disampaikan kendala dan perencanaan program yang akan diusulkan untuk Tahun 2020.

Ia mengatakan, ombudsman Sulbar juga telah mengevaluasi tiga bidang kerja, di antaranya bidang penerimaan dan verifikasi laporan (PVL), bidang pemeriksa laporan (RIKSA) dan, bidang pencegahan Ombudsman Sulbar. ”Kondisi kelembagaan penuh berbagai tantangannya, sehingga jajaran Ombudsman Sulbar membangun solidaritas dan lebih mengedepankan kerja ikhlas,” katanya.

Ia menyampaikan, anggaran yang sangat terbatas tidak mengurangi kualitas kerja dan inovasi Ombudsman. ”Meskipun anggaran sangat minim sekitar Rp750 juta per tahun, dan keterbatasan personel, banyak kegiatan inovasi yang bisa dilakukan selain program wajib,” katanya. (ant)

Komentar

News Feed