oleh

Nilai BSPS Naik Jadi Rp 20 juta

MAMUJU – Nilai Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) naik menjadi Rp 20 juta di tahun ini, dari sebelumnya Rp 17,5 juta.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sulbar Herwan Panunju menyatakan, naiknya jumlah bantuan tersebut lantaran semakin tingginya harga material. Selain itu, agar dapat semaksimal mungkin dirasakan manfaatnya oleh warga.

Nilai BSPS Naik Jadi Rp 20 juta

“Nilai bantuan tahun ini sudah naik menjadi Rp 20 juta per unit. Rp 17,5 juta pembelian material bangunan dan Rp 2,5 juta upah kerja,” kata Herwan, saat dikonfirmasi, Selasa 9 Maret 2021.

Tahun ini, kata dia, Satker Penyediaan Perumahan Sulbar mendapat alokasi 1.250 unit untuk enam kabupaten.

“Kuota yang ada ini tidak berkaitan dengan rumah rusak terdampak gempa. Ini murni seperti program BSPS sebelumnya,” sebutnya.

Menurut Herwan, program tersebut bakal di dampingi Koordinator Kabupaten (Korkab) masing-masing kabupaten dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) sebanyak 20 orang.

Selain itu, bakal diawasi tim verifikasi dari Wilayah II Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II. Anggotanya terdiri dari unsur Balai, Satker, Dinas Perkim masing-masing kabupaten dan camat, lurah dan kepala desa.

“Saat ini Korkab dan TFL telah bekerja dan telah terkontrak sejak 2 Maret 2021 selama lima bulan ke depan,” sebut Herwan.

Herwan mengaku, tak sedikit rumah program BSPS tahun sebelumnya yang rusak akibat gempa, Januari lalu. Terutama di daerah Tapalang dan Malunda. Semuanya sudah dilaporkan ke pusat untuk menunggu teknis penanganannya.

“Pada dasarnya warga yang sudah pernah menerima program BSPS itu nanti bisa menerima kembali setelah 10 tahun. Jadi kemungkinan warga yang terdampak gempa akan mendapat bantuan dalam program lain,” jelas Herwan.

Tahun ini, kata Herwan, calon penerima ditekankan untuk memilih konstruksi tahan gempa. Bukan hanya material tapi calon penerima harus mengikuti instruksi TFL dan Korkab untuk menerapkan kaidah-kaidah konstruksi.

“Baik dari segi pemilihan material maupun saat pengerjaan oleh tukang pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi,” pungkasnya. (ade)

BANTUAN BSPS TAHUN 2021

Mamuju 190 unit
Majene 200 unit
Polewali Mandar 190 unit
Mamasa 260 unit
Mamuju Tengah 170 unit
Pasangkayu 240 unit

Sumber: Satker Penyediaan Perumahan Sulbar

Komentar

News Feed