oleh

Munas Adkasi, Lukman Said Didaulat Lagi Jadi Ketua Umum

JAKARTA – Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) ke V di Aula Hotel Paragon, Jakarta, Senin 6 Desember 2021, berjalan mulus.

Munas yang dihadiri delegasi seluruh pimpinan DPRD kabupaten di Indonesia itu secara aklamasi kebali memilih Lukman Said, legislator asal Kabupaten Pasangkayu, sebagai ketua umum untuk periode 2021- 2026. Forum ini juga melahirkan beberapa agenda yang menjadi pokok perhatian Adkasi selama lima tahun ke depan.

Via WhatsApp, Lukman Said mengatakan, konsep membangun Indonesia dari desa adalah salah satu program presiden Joko Widodo, diapresiasi oleh Adkasi. Namun itu butuh data ril mengenai potensi desa sebagai acuan dalam program dan perencanaan.

Kemudian, program investasi di daerah yang merupakan solusi percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, pemerintah daerah harus mempermudah pelayanan begitupun dengan pihak perbankan agar mempermudah pelaku usaha kecil menengah dalam memperoleh modal.

“Semua itu adalah poin yang menjadi perhatian Adkasi, khususnya Undang-undang Nomor 22 Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, itu harus direvisi. Kami juga mendesak BPK dan lembaga hukum untuk mengaudit dana refocushing selama Pandemi Covid -19,” ungkap Lukman Said, Selasa 7 Desember.

Anggota DPRD Pasangkayu ini juga menegaskan, selain hal tersebut di atas, persoalan konflik agraria yang masih terus terjadi di daerah dan belum ada penyelesaian sampai sekarang, harus menjadi perhatian pemerintah pusat dan mengembalikan tanah kepada rakyat untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Problem lain yang juga disinggung adalah pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Menurutnya itu bukan solusi, sebab masih banyak honorer kategori dua (K2) yang menunggu diangkat menjadi ASN.

“PPPK bukan solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan K2. Sehingga kami mendesak negara segera membuat kebijakan agar honorer yang telah berpuluh-puluh tahun mengabdi, itu diangkat menjadi ASN,” ujar politisi yang juga Ketua DPC PDIP Pasangkayu ini. (asp/ham)

Komentar

News Feed