oleh

Mini Market Bencana, Semua Gratis

MAMUJU – Posko induk di Desa Ahu Kecamatan Tapalang Barat diubah menjadi mini market bencana.

Hal tersebut dilakukan atas kesepakatan antara pihak Pemerintah Desa (Pemdes), pemuda dan masyarakat setempat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ahu, Hasmar mengatakan, konsep mini market bencana tersebut dilakukan agar pembagian logistik ke masyarakat merata.

Hasmar menjelaskan, setiap logistik yang masuk ke Desa Ahu akan dikoordinir di mini market bencana dan disalurkan ke masyarakat secara bertahap, per dusun.

“Kalau persyaratannya tidak ada. Prosedur pengambilannya kami panggil warga per dusun. Jadi kamibagikan sesuai KK (Kartu Keluarga, red) yang di pengang kepala dusunnya masing-masing,” kata Hasmar, saat dikonfirmasi Radar Sulbar,Rabu 3 Februari.

Hasmar menyebutkan, kebutuhan logistik yang tersedia di mini market bencana Desa Ahu, antara lain, beras, mie instan, air mineral, gula, perlengkapan bayi, teh, kopi dan perlengkapan mandi.

“Kalau masyarakat ada yang membutuhkan logistik yang mendesak pasti kami layani. Barang-barang di mini market juga tidak dijual, semua gratis. Intinya kami tidak ingin mempersulit masyarakat dan Alhamdulillah, masyarakat juga tertib dan mengambil barang sesuai kebutuhannya,” jelas Hasmar.

Salah seorang warga Desa Ahu yang menjaga posko tersebut, Ardin menambahkan, mini market bencana buka 24 jam untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Ada yang berjaga di mini market, biasanya dua orang supaya kalau ada masyarakat yang datang bisa dilayani dengan baik,” singkat Ardin. (m5/jsm)

Komentar

News Feed