oleh

Mestinya Ridwal Kamil Belajar Dulu, Sentil Susi

JAKARTA–Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyentil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengusulkan agar Pantai Selatan untuk lokasi budi daya benih lobster. Susi Pudjiastuti mengatakan, Ridwan Kamil perlu belajar persoalan tersebut.

”Mestinya Pimpinan daerah belajar mendalami suatu kebijakan public sebelum mengatakannya ke publik. Bertanya ke Masyarakat di daerahnya apa yg terbaik untk mereka & lingkungannya,” tulis Pudjiastuti melewat akun twiitternya, Rabu 25 Desember.

Dijelaskan Susi, Lobster adalah species yang belum bisa dikawinkan dan dikembangbiakan di penangkaran. Bibit untuk budidaya pembesaran semua diambil dari alam. “Cara Pengambilan bibit ini massal dan mudah, akan cepat menghabiskan stok alam,” Susi menjelaskan.

Dia mengatakan, Budidaya akan menghabiskan plasma nutfah atau bibit lobster di alam. Satu saat pembesaran lobster itupun akan berhenti karena bibit telah habis. ”Ingat Lobster belum bisa berkawin dan mijah di penangkaran. Semua bibit lobster yang diambil sudah hari ini adalah dari alam,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencari lokasi budi daya lobster dalam negeri. Ridwan Kamil menanggapinya dengan mengusulkan beberapa lokasi di Jawa Barat. Seperti di Pangandaran, Garut, dan Sukabumi.

”Kalau boleh saya mengusulkan, Pantai Selatan Jawa Barat. Bisa Pangandaran, bisa Pelabuhan Ratu, bisa Garut Selatan. Saya kalau itu ada, kami tawarkan kepada Menteri di situ saja,” kata Emil.

Ia menuturkan di Pangandaran cocok untuk budi daya lobster. Lobster, katanya, membutuhkan tempat yang nyaman untuk tumbuh besar. ”Pangandaran, kan lobster itu butuh suhu pas, butuh ekosistem yang nyaman. Nyamannya di pangandaran yang garis pantainya masih luas,” katanya. (dal/fin).

Komentar

News Feed