oleh

Menimbang Ulang Kelanjutan Manakarra Tower

MAMUJU – Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, mengaku bakal menimbang ulang asas manfaat pembangunan Landscape Manakarra atau Manakarra Tower.

Proyek tersebut bahkan tidak masuk dalam skala prioritas pembangunan daerah.

Menimbang Ulang Kelanjutan Manakarra Tower

“Kita baru saja ditimpa bencana gempa bumi, tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit (untuk membangun kembali, red). Maka kita akan lebih memproritaskan hal-hal yang penting dibanding meneruskan Manakarra Tower itu,” kata Sutinah saat dikonfirmasi, Selasa 2 Maret.

Ketua DPRD Mamuju, Azwar Ashari Habsi, khawatir bangunan tersebut hanya menjadi proyek mubazir jika dihentikan di tengah jalan. Mengingat sudah menelan anggaran sekira Rp 15 miliar dari total anggaran Rp 33 miliar yang direncanakan.

“Harus benar-benar ditelaah dengan baik karena sudah menelan anggaran banyak. Harus benar-benar diliat dengan jernih, apa-apa saja yang terdapat di Manakarra Tower nantinya. Kalau mandek begitu saja, tentu akan menjadi kerugian daerah,” sebut Azwar.

Hemat Azwar, Pemkab Mamuju sebaiknya melakukan audit. Namun, tidak terburu-buru memutuskan untuk membiarkan proyek tersebut mangkrak.

“Libatkan BPKP untuk mengkaji. Ada regulasi yang harus dijalankan mengacu pada RPJMD (Rencana Program Jangka Menengah Daerah, red) dengan kebijakan sekarang. Mubazir uang rakyat kalau itu tidak dilanjutkan,” urai Azwar.

Tahun anggaran 2020, Manakarra Tower dianggaran Rp 21 miliar. Namun dipangkas Rp 11 miliar dialihkan untuk penanganan Covid-19 sehingga tersisa Rp 10 miliar. Tahun anggaran sebelumnya juga dianggarkan Rp 5 miliar.

Proyek ini dikerjakan PT Passokorang dengan sistem multiyears. Manakarra Tower direncanakan menjadi ikon baru di Mamuju. Berfungsi sebagai ruang terbuka untuk publik dan menjadi tempat promosi wisata.

Dengan tinggi sekira 70 meter di sekitaran badan tower juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti kolam air mancur dan food corner. Sekaligus ruang usaha pelaku ekonomi kreatif, hingga fasilitas olahraga dan panggung pementasan seni. (m2/jsm)

Komentar

News Feed