oleh

Menekan Kasus Baru COVID-19, Andalkan Gebyar Vaksin

POLEWALI MANDAR–Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kini mengandalkan Gebyar Vaksin untuk menekan munculnya kasus. Sejak, Kamis 27 Mei lalu, Gebyar Vaksi yang dipusatkan di Gedung Nusantara Gadis Pekkabata, melayani empat kecamatan.

Saat ini, Senin 31 Mei jumlah terkonfirmasi COVID-19 tercatat sebanyak 2.046 orang, 65 diantaranya meninggal dunia. Sedang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19, sebanyak 1.976 orang, lima orang menjalani isolasi mandiri dan di rumah sakit tidak ada ksusu.

Selain mengutamakan vaksinasi bagi Lansia (Lanjut Usia), Gebyar Vaksi dalam rangka Hari Nasional Lanjut Usia, juga para pedagang, pelayan warung kafe, pengemudi serta tokoh agama.

Salah seorang lansia dari Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Martha mengikuti Gebyar Vaksin, karena sebelumnya telah mendapatkan sosialisasi dari bidan desa dan pemerintah desa. Demi mencegah penyebaran virus corona, maka ia dan beberapa tetangganya bersedia divaksin.

”Motivasi saya ikut vaksin karena ini sangat penting dalam meningkatkan imun menjaga agar tak tertular COVID-19. Apalagi sebagai lansia, perlu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh dari virus apapun termasuk corona,” ungkap Najamuddin Ibrahim, mantan Wakil Bupati Polman itu.

Kepala Dinkes Polman, Andi Suaib Nawawi mengatakan Gebyar Vaksin menjadi langkah Pemkab dalam menggenjot vaksinasi COVID-19 di kalangan lansia. Apalagi capaian vaksinasi lansia di Polman baru 1,7 persen dari target 29.778 orang. Vaksinasi dosis pertama lansia baru 525 orang dan dosis pertama 208 orang.

”Kami melaksanakan Gebyar Vakisin, selain dalam rangka peringatan Hari Lansia Nasional juga upaya meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi korona. Selain itu sebagai upaya edukasi dan mencegah penularan Covid-19,” terang Suaib Nawawi.

Sedang Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Polman Sukirman Saleh, cukup mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengaku Gebyar Vaksin ini sebagai upaya untuk menekan penularan COVID-19 di Kabupaten Polman.

”Menekan dan mengurangi penularan ini salah satunya adalah vaksinasi untuk lebih meningkatkan imun. Selain menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tandasnya. ****

Komentar

News Feed