oleh

Mendagri: Pemda Jangan Lelet Salurkan Bansos dan Insentif Nakes

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan, bahwa seluruh anggaran terkait penanganan pandemi Covid-19 telah disediakan dan ditransfer oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah (pemda).

Dengan begitu, ia meminta pemda segera mempercepat realisasi belanja penanganan pandemi Covid-19. Khususnya, belanja untuk insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) dan bantuan sosial (bansos).

“Saya tekankan insentif nakes ini jadi atensi betul dari Bapak Presiden karena anggarannya sudah ada dari DAU DBH, karena sudah ditransfer Menteri Keuangan,” kata Tito, Senin (26/7/2021).

“Jadi tolong untuk insentif nakes di tingkat provinsi menjadi tanggung jawab provinsi, kemudian nakes di RSUD, nakes yang ada di kabupaten/kota jadi tanggung jawab kabupaten/kota agar ini segera dicarikan,” tegasnya.

Selain mempercepat belanja insentif nakes dan bansos, Tito juga meminta pemerintah daerah bisa mempercepat belanja penanganan Covid-19 yang lain. Misalnya, untuk pelaksanaan PPKM Level 3 dan 4, pembagian masker, vaksinasi, dan bantuan dana kelurahan.

“Sebab, tidak seperti desa yang memiliki dana desa, kebutuhan dana penanganan covid-19 di level kelurahan dipenuhi dari hasil pengalihan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Dana tersebut sudah diambil sekitar 8 persen untuk berbagai hal tersebut,” terangnya.

Komentar

News Feed