oleh

Membangun Berdasarkan Ilmu Pengetahuan

-Kolom-1.526 views

DALAM film Red Cliff, dikisahkan perang pada masa dinasti Han, antara pihak Cao-Cao dan Liu Bei.

Perang itu dipicu oleh pengangkatan Perdana Menteri Cao-Cao oleh kaisar. Namun karena kezalimannya, maka ditentang oleh rakyat. Sehingga rakyat melakukan pemberontakan.

Membangun Berdasarkan Ilmu Pengetahuan

Pasukan kerajaan pun ikut terpecah menjadi dua kubu yang saling berlawanan. Kubu Utara dan kubu Selatan. Kubu Utara dipimpin sang Perdana Menteri Cao-Cao. Sedangkan kubu Selatan dipimpin Liu Bei, sang jenderal yang pro rakyat.

Karena Kaisar Han yang kala itu masih belia, maka semua kekuasaan secara tidak langsung ada di bawah kendali sang Perdana Menteri. Dengan sesuka hatinya, Cao-Cao mengendalikan pasukan istana untuk terus menggempur pertahanan Liu Bei.

Untungnya Liu Bei memiliki empat orang kepercayaan yang selalu setia mendukung pemberontakan yang dilakukannya. Salah satunya Zhuge Liang (diperankan oleh Takeshi Kaneshiro).

Walau Zhuge Liang bukan seorang prajurit, namun ia diangkat oleh Liu Bei menjadi penasihat perang. Dan bahkan sangat diandalkan oleh Liu Bei dalam menyusun strategi perang guna mengalahkan Cao-Cao.
Sebagai penasihat perang, Zhuge Liang merupakan sosok yang tenang dan bijak. Semua strategi perang diperhitungkannya dengan cermat.

Ia tak hanya mengandalkan kekuatan pasukan, namun bagaimana kondisi cuaca sekitar medan perang, seperti apa karakter dan kebiasaan Cao-Cao, dan sejauhmana kondisi psikologi tentara musuh setiap saat.

Komentar

News Feed