oleh

MediaTek Umumkan Chip Dimensity 920 dan 810 untuk Perangkat 5G

PABRIKAN semikonduktor MediaTek kembali mengumumkan chipset baru, Dimensity 920 dan Dimensity 810. Keduanya adalah seri terbaru keluarga Dimensity 5G.

Corporate VP and GM of MediaTek’s Wireless Communications Business Unit JC Hsu mengatakan, debut ini memberi para produsen smartphone untuk menyuguhkan peningkatan kinerja, pencitraan brilian, dan tampilan yang lebih pintar. Terkhusus kepada para pelanggannya untuk line-up smartphone 5G.

Dimensity 920 didesain untuk ponsel pintar 5G yang kuat. Dimensity 920 diklaim mampu menyeimbangkan kinerja, daya, dan biaya. Chip ini dibangun menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6 nm.

Selaim itu, chipset Dimensity 920 dan Dimensity 810 juga disebut mendukung tampilan cerdas (intelligent displays) dan pengambilan video 4K HDR berbasis perangkat keras. Tidak hanya itu, Dimensity 920 menawarkan peningkatan sembilan persen untuk performa bermain game dibandingkan seri pendahulunya, Dimensity 900.

Tak mau kalah, chip lainnya yang lebih terjangkau yakni Dimensity 810 juga dibuat menggunakan node manufaktur berkinerja tinggi 6 nm. Chipset ini memberikan kecepatan CPU Arm Cortex-A76 hingga 2,4 GHz, fitur kamera premium, seperti AI-Color artistik yang berkolaborasi dengan perusahaan perangkat lunak foto dan video Arcsoft, dan teknik pengurangan noise lebih modern untuk mendukung fotografi bercahaya rendah yang keren.

“Dengan perluasan seri chipset Dimensity, MediaTek menghadirkan inovasi terbaru kepada para produsen perangkat dan pengguna smartphone dengan harga lebih terjangkau untuk pasar mainstream,” ujar JC Hsu.

Dia menambahkan, lini chip 5G baru ini memberikan peningkatan performa, kecerdasan tampilan, dan kecemerlangan gambar. Chipset Dimensity baru ini juga disebut akan menambah pengalaman pengguna dan menghadirkan fitur dan kapabilitas smartphone 5G.

Bicara fitur, Dimensity 920, antara lain menyuguhkan layar Adaptif Pintar MediaTek, Mengatur refresh rate tampilan sesuai dengan game atau tindakan User Interface (UI) yang terdeteksi, menaikkannya selama periode tindakan intens untuk menambah pengalaman pengguna, lalu menurunkannya untuk meningkatkan efisiensi daya.

Mesin Perangkat Keras Perekaman Video 4K juga mengintegrasikan kelas flagship, HDR-native image signal processor (ISP), dan menggabungkan mesin perekaman video 4K HDR berakselerasi perangkat keras unik yang mendukung hingga empat kamera sekaligus hingga sensor 108MP.

Untuk peningkatan kinerja, dengan prosesor Arm Cortex-A78 dalam CPU octa-core yang bisa mencapai kecepatan clock 2,5 GHz, lalu dengan memori LPDDR5 terbaru dan penyimpanan UFS 3.1. Sementara di sisi konektivitas, chip ini mendukung dua kartu seluler 5G, VoNR ganda, agregasi operator 2CC, rangkaian efisiensi daya MediaTek 5G UltraSave dan jaringan 5G Standalone (SA)/Non-Standalone (NSA), konektivitas 2×2 MIMO Wi-fi 6, Bluetooth 5.2, dan multi-GNSS.

Buat main game, Dimensity 920 juga mendukung MediaTek HyperEngine 3.0 dengan panggilan 5G dan akses data tanpa gangguan (data concurrency), ditambah peningkatan koneksi untuk high-speed rail dan teknologi “Super Hotspot”.

Sementara pada Dimensity 810, antara lain chip ini di sisi jeroan membawa Prosesor Arm Cortex-A76 saat ini mendukung hingga 2,4GHz dalam CPU octa-core. Chip ini juga mendukung kemampuam tampilan 120 Hz untuk pengalaman pengguna yang sangat mulus yang kini banyak hadir di perangkat smartphone bahkan di kelas terjangkau sekali pun.

Untuk kamera, Dimensity 810 mendukung teknik pengurangan noise tingkat lanjut (MFNR & NCTF) guna pengambilan gambar bercahaya rendah yang begitu baik, serta mendukung hingga kamera beresolusi 64 MP. Sementara saat bermain game, chip seri 800 ini juga membawa teknologi game HyperEngine 2.0 MediaTek dengan mesin manajemen sumber daya yang pintar dan mesin jaringan yang canggih.

MediaTek Dimensity 920 dan Dimensity 810 yang baru akan mendukung ponsel pintar 5G yang diperkirakan meluncur di pasar global pada Q3 2021. Perangkat smartphone mana saja yang akan menggendong chip ini? Nantikan saja. (jpg)

Komentar

News Feed