oleh

Mateng Berharap Kuota Haji Bertambah

TOPOYO, RADAR SULBAR — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mamuju Tengah (Mateng) menyampaikan aspirasi kepada Anggota DPR RI, Arwan Aras terkait kuota haji untuk daerah ini.

Kepala Kemenag Mateng, Mahmuddin meminta agar ada penambahan kuota haji Mateng untuk tahun 2021.
“Agar kuota haji di Mateng bisa ditambah sebanyak minimal 200 dan maksimal 250 orang calon haji,” sebutnya dalam diseminasi Haji 2020 di Aula Kantor Bupati Mateng, Jumat 23 Oktober.

Selama ini, jatah kursi haji Mateng diplot 160 orang. “Kami tidak meminta banyak, hanya penambahan kuota haji, itu saja sudah cukup,” sebut Mahmuddin, menguatkan.

Alasan penambahan kuota haji ini, karena panjangnya daftar tunggu untuk calon haji Mateng. Bahkan mencapai selama 30 tahun.

Selain itu, pihaknya meminta agar kualitas kegiatan manasik ditambah. Selama ini, kata Mahmuddin, calon jamaah haji didominasi oleh orangtua yang tingkat pendidikannya hanya sampai Sekolah Dasar (SD).

“Sehingga daya tangkap saat menyampaikan materi haji atau fiqih sangat sulit,” imbuhnya.

PELAKSANAAN diseminasi terkait ibadah haji di Mamuju Tengah. (arinil/radar)

Anggota DPR RI Arwan Aras mengaku akan mengupayakan mengakomodir ke pemerintah pusat terkait penambahan kuota calon haji Mateng.

Menurutnya, harus melalui mekanisme. Termasuk pengurusan di tingkat provinsi. “Pasti kami coba mengakomodir karena ini juga menyangkut kepentingan masyarakat Sulbar,” singkat Arwan. (*)

Komentar

News Feed