oleh

Mamasa Bertambah Kasus Covid-19, Pekan ini Satu Meninggal

MAMASA – Seorang warga Kabupaten Mamasa yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia, Rabu 6 Januari 2021. Warga berinisial AL berusia 67 tahun berasal dari Kelurahan Tawalian, Kecamatan Tawalian.

Hingga, Rabu kemarin sudah ada tiga orang yang meninggal akibat terpapar Covid-19.

Akhir Desember 2020 lalu, ada dua pasien Covid-19 di Mamasa meninggal dunia. Kemudian satu lagi warga Tawalian yang meninggal setelah menjalani perawatan di RSUD Kondosapata Mamasa, Rabu kemarin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mamasa, Amos Pampabone menjelaskan pasien tersebut beberapa hari dirawat di RSUD Kondosapata. Pihak rumah sakit melakukan rongsen kepada pasien tersebut. Hasilnya menunjukan ada kelainan berupa bintik-bintik di bagian paru.

“Saat pasien meninggal Rabu pagi di RSUD Kondosapata, tim medis telah berkoordinasi dengan laboratorium di Makassar. Diperoleh informasi bahwa pasien terkonfirmasi Covid-19, setelah hasilnya ke luar pukul 13.00 Wita, Rabu siang,” jelas Amos saat dihubungi Rabu sore kemarin.

Namun, ironisnya sebelum hasil swab ke luar pasien dijemput oleh keluarganya dan disemayamkan di rumah duka.

“Namun setelah tim medis dari Satgas Covid-19 menerima informasi terkait hasil spesimen swab yang bersangkutan, langsung dilakukan prosedur tetap penanganan pasien Covid-19,” ujar Amos Pampangbone.

Ia mengaku, adapun mengenai keluarga yang sempat kontak dengan pasien, telah menyampaikan agar melakukan karantina mandiri.

“Jika dalam beberapa hari ke depan mengalami gejala, maka akan dilakukan swab,” tambahnya.

Amos menambahkan, sebelumnya pasien dirawat selama 11 hari di rumah sakit. Namun saat menjalani perawatan, diduga pasien sempat terkontaminasi dengan orang yang diduga positif Covid-19.

“Sesuai prosedur, almarhum dikebumikan secepatnya paling lambat 24 jam,” ungkapnya.

Terpisah, Tim Satgas Covid-19 Sulbar Bidang Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit dr Muhammad Ihwan membenarkan adanya salah satu warga Mamasa yang dinyatakan meninggal dunia.

“Betul, nanti meninggal baru keluar hasil swabnya,” tambah dr Irwan. (r4/mkb)

Komentar

News Feed