oleh

Majene Buka Peluang Investasi Kelautan, KKP Diminta Ikut Membantu

MAMUJU–Wakil Bupati Majene Provinsi Sulawesi Barat Lukman berharap, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membantu daerah itu membuka peluang investasi di sektor kelautan.

”Kami mengharapkan pemerintah pusat dan Provinsi Sulbar mengintervensi daerah kami (Majene), guna pengembangan sektor kelautan serta membuka kesempatan bagi para investor,” kata Lukman, pada Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang berlangsung Rabu 4 Februari, di Gedung Assamalewuang Kabupaten Majene.

Wabub menyampaikan, meskipun Kabupaten Majene memiliki potensi kelautan yang juga didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, namun konsumsi ikan masih belum menggembiarakan. Bahkan lanjut Lukman, dalam momen-momen tertentu, Majene juga mengalami inflasi di sektor ikan.

“Hal itu ditengarai stok yang kurang karena lebih banyak dikirim ke daerah lain. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Majene menyambut baik rencana pembangunan sarana pengelolaan ikan di Kecamatan Sendana oleh investor luar. Hal itu akan menjadi peluang bagi nelayan lokal untuk memasarkan hasil tangkapan tanpa harus dibawa ke luar,” papar Lukman.

“Sarana pengelolaan ikan tersebut, juga akan memproduksi olahan ikan dengan berbagai jenis sehingga akan memiliki daya jual yang tinggi di pasaran,” tambahnya.

Direktur Pemasaran KKP Mahmud mengatakan, gerakan makan ikan merupakan Instruksi Presiden RI tahun 2017, yang termuat dalam Gerakan Masyarakat Sehat. Dengan mengkonsumsi ikan lanjutnya, akan membentuk SDM yang unggul yang akan membantu meningkatkan kecerdasan karena di dalam ikan terkandung omega tiga yang tinggi.

“Sekarang tergantung ibu-ibunya, kalau dimasakkan sayur dan tempe saja, anak-anak juga akan malas. Protein hewani jauh lebih baik dari pada protein nabati. Ikan bandeng dan kembung itu sekitar 200 persen nilai omeganya, sementara ikan tuna 24 persen,” jelas Mahmud.

Sementara, Ketua DPRD Sulawesi Barat Suraidah Suhardi juga berharap, pemerintah pusat dapat terus memberi dukungan kepada Pemda Majene, khususnya dalam kegitan meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor kelautan. (ant)

Komentar

News Feed