oleh

Mahasiswa Jadi Duta AKB

MAMUJU – Mahasiswa mempunyai peran sebagai agent of change atau agen perubahan. Salah satu tugas yang diemban mahasiswa, yakni memberikan edukasi terkait tugas sebagai agen perubahan tersebut.

Sesuai kondisi saat ini, dimana Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang diterjang pandemi virus korona. Memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, maka yang cara terbaik yaitu dengan membiasakan diri terhadap kebiasaan baru.

Mahasiswa Jadi Duta AKB

Masyarakat harus dididik mengubah prilaku atau kebiasaan lama dan beradaptasi dengan kebiasan baru. Kebiasaan yang dimaksud ialah menggunakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak fisik dengan orang lain serta rajin mencuci tangan pakai sabun (3M).

Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) perlu terus disosialisasikan ke masyarakat. Olehnya, kalangan perguruan tinggi ikut ambil bagian demi menjalankan fungsi edukasi. Mahasiswa dikerahkan untuk melakukan edukasi.

Itu disampaikan Wakil Rektor III Universitas Tomakaka (Unika) Mamuju Yusran, di kampusnya, kemarin. Menurutnya, ada kerjasama dengan lembaga pemerintah. Programnya adalah dengan menggerakkan mahasiswa sebagai duta edukasi perubahan perilaku sebagai upaya menekan kasus Covid-19 di daerah ini.

Mahasiswa ditugaskan menyosialisasi sekaligus memberi edukasi penerapan perilaku 3M. Program ini, katanya, juga melibatkan para dosen.

“Hal tersebut sebagai bentuk kontribusi dari kampus terhadap masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Semua komponen di kampus diajak terlibat,” imbuh Yusran.

Di lapangan, tugas para mahasiswa ini antara lain, melakukan pemetaan atas problem terkait pelaksanaan protokol kesehatan, memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk merespon masalah dalam kelompok yang telah ditetapkan, dan melakukan edukasi perilaku 3M, serta memantau pelaksanaan 3M di lapangan. (dir)

Komentar

News Feed