oleh

Lukman Pimpin Penanaman Pohon di Mangge

MAJENE – Pemkab Majene baru saja memulai penghijauan hulu Sungai di Lingkungan Mangge, Kelurahan Totoli, Kecamatan Banggae.

“Ini adalah bagian dari pelestarian sumber daya air. Supaya sumber daya air tetap terjaga,” ujar Bupati Majene, Lukman yang memimpin jalannya penanaman di bantahan sungai, Jumat 26 Februari.

Bibit pohon yang ditanam merupakan bantuan dari PDI Perjuangan melalui Anggota Komisi VIII DPR RI, Arwan Aras.

“Sayangnya beliau berhalangan hadir, karena akan menghadiri pelantikan bupati terpilih Kabupaten Mamuju Tengah,” ujar Lukman.

Menurutnya, penanaman harus dibudayakan. Merupakan misi kemanusiaan yang akan diwariskan kepada anak cucu sendiri.

Apalagi menjelang akhir masa jabatannya, Lukman mengaku sangat ingin berbuat banyak disamping menyelesaikan tanggung jawab rutin sebagai bupati. “Kalau kita andaikan, jangan kita meninggalkan air mata. Tetapi meninggalkan mata air,” tegasnya.

Lukman mengaku senang, karena kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari dinas terkait, terutama masyarakat yang turut hadir dalam penanaman.

“Kedepan, Mangge harus fokus menjadi hutan karena wilayah inilah yang akan menopang ketersediaan air bagi masyarakat Majene. Saya juga minta kepada dinas terkait untuk tidak mengarahkan pengembangan holtikultura di bantaran sungai dengan harapan wilayah bantaran sungai bisa hijau, lebih hijau dari sekarang,” imbau Bupati.

Lukman menyarankan, kedepan upaya penghijauan mesti direlevankan dengan nilai ekonomis bagi masyarakat setempat. Misal dengan menanam bibit sukun yang hasilnya dapat dijual. Sehingga terbangun korelasi yang baik di lapangan. (r2/rul)

Komentar

News Feed