oleh

Lukman: Budaya Membaca Meningkatkan SDM

MAMUJU–Wakil Bupati Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat Lukman mengatakan menumbuhkan budaya membaca akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

”Menumbuhkan budaya membaca akan meningkatkan SDM sehingga Majene juga akan berkembang karena SDM yang dimiliki. Ia mengatakan pemerintah di Majene mendukung budaya menulis dikembangkan karena dapat meningkatkan SDM dan pengetahuan bangsa,” katanya di Majene, Jumat.

“Oleh karena itu pemerintah di Majene mendukung kegiatan Mandar Writer and Culture Forum (MWCF) bekerjasama dengan komunitas literasi untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat Mejene,” katanya.

Menurut dia, saat ini forum terkait literasi di Majene maupun di Sulbar masih jarang diselenggarakan sehingga pemerintah berterima kasih pada MWCF atas kegiatannya ini. “Saat ini mayoritas masyarakat juga sudah mulai terbiasa membaca, meskipun baru melalui media sosial. Namun membaca tidaklah cukup, melainkan juga disertai dengan budaya menulis,” ujarnya.

Penanggung Jawab MWCF, Munir, di Mamuju, Majene membaca dan Kampung Literasi harus menjadi momentum untuk gerakan pendidikan di Mejene.

Peluncuran program MWCF digagas secara swadaya itu, sebagai ladang amal bagi semua elemen masyarakat, baik pemuda, mahasiswa, pemerintah kabupaten, maupun pemerintah provinsi.

​​​​​​​MWCF lahir dari suatukeresahan panjang pegiatnya dalam melihat kondisi pendidikan, budaya, dan literasi masyarakat yang kian tergerus oleh perkembangan dan tantangan zaman.

​​​​​​​Munir berharap, dengan adanya MWCFlahir suatu gagasan untuk mencetak penulis-penulis andal yang nantinya menjadi penyokong pelestarian budaya daerah di Sulbar. (ant)

Komentar

News Feed