oleh

Longsor! Trans Sulawesi di Majene Macet Total

MAJENE – Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Majene dengan Mamuju, terputus, Senin 6 Sepember 2021. Akses tunggal yang terletak di Kecamatan Tobo Sendana, Kabupaten Majene itu, tertutup longsor.

Arus kendaraan, baik dari dari arah Majene maupun Mamuju tak bisa melintas. Sejumlah atal berat sedang bekerja untuk memindahkan materia longsor yang begitu banyak menutupi badan jalan. Agar tak terjadi kecelakaan, pihak kepolisian terpaksa memasang polis line agar tak ada yang memaksakan diri melintas untuk sementara. Sebab risikonya terlalu besar.

Longsor ini ini disebabkan karena curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, material longsoran  berupa tanah maupun batu serta pohon yang berada di atas tebing jalan runtuh dan menutupi badan jalan.

Kasat Lantas Polres Majene Iptu Andi Rady bersama Kapolsek Sendana Iptu Suryanto menyebutkan, setelah mendapat informasi terjadi longsong pihaknya langsung merespon dan mendatangi lokasi longsor.

Dari pantauan di lapangan, seluruh badan jalan tertutupi material longsoran sehingga arus lalulintas menjadi lumpuh total.

Upaya yang dilakukan saat ini adalah pembersihan material longsor dengan bantuan alat berat agar lebih cepat memulihkan kembali arus lalu lintas.

Pihaknya kepolisian juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati lagi saat berkendara di sepanjang jalan.

“Utamakan keselamatan saat berkendara dan, jadilah pelopor keselamatan,” tutur Kasat Lantas Majene.

Salah seorang supir ekspdisi, Opi, mengaku sudah berada di lokasi tersebut sejak subuh. Ia dan ratusan pengguna jalan tak bisa melintas. “Besar sekali longsor disini. Tidak ada yang bisa lewat. Sekarang itu alat berat masih bekerja. Paling cepat sore mungkin terbuka jalan. Itu kalau tidak ada lagi longsor,” ucap Opi. (ham)

Komentar

News Feed