oleh

Logistik Pilkada Untuk Balabalakang, Bonehau dan Kalumpang Dikirim Hari Ini

MAMUJU — Logistik Pilkada Mamuju yang akan digunakan 9 Desember 2020, berupa surat suara, bilik suara, hingga seluruh kebutuhan di Tempat pemungutan Suara (TPS) mulai didistribusikan ke tingjat kecamatan.

Kecamatan kepulauan Balabalakang jadi yang pertama untuk pendistribusian logistik. Sabtu 5 Desember 2020, logistik itu diberangkatkan.

Dilansir pada laman KPU Kabupaten Mamuju, diketahui jika Kecamatan Balabalakang memiliki jarak terjauh dari ibukota kabupaten dalam hal pendistribusian logistik Pilkada. Selain Balabalakang, di hari yang sama, KPU Mamuju juga mendistribusikan logistik Pilkada untuk Kecamatan Bonahau dan Kecamatan Kalumpang.

Selain harus menyeberangi perairan Selat Makassar, kondisi cuaca yang tak menentu juga menjadi tantangan dalam pengiriman logistik ke Kecamatan Kepulauan Balabalakang. Untuk sampai kesana, bisa menghabiskan waktu belasan jam.

Ketua PPK Kepulauan Balabalakang Nasmuddin mengungkapkan, perjalanan yang dilalui untuk membawa logistik Pilkada itu sampai ke masing-masing TPS di Kecamatan Kepulauan Balablakang, tidak mudah.

“Untuk sampai ke pusat kecamatan, rata-rata itu bisa sampai 11 jam di laut. Itu pun kalau cuaca mendukung,” ujar Nasmuddin, melalui website KPU Mamuju.

Jika tak ada halangan, logistik Pilkada Mamuju untuk Kecamatan Kepulauan Balabalakang itu bakal berlabuh di pusat pemerintahan di kecamatan yang berbatasan langsung dengan pulau kalimantan tersebut, akan tiba tepat waktu. Di sana ada 10 TPS.

“Kami rencananya ke pusat kecamatan dulu. Nanti dari sana baru didistribusi ke masing-masing TPS,” sambung Nasmuddin.

“Perkirakan kami, untuk pendistribusiannya ke seluruh TPS bisa makan waktu tiga sampai empat hari. Dengan catatan cuaca mendukung,” tutup Nasmuddin.

10 TPS yang ada di Kepulauan Balabalakang. Sementara jumlah pemilihnya berdasarkan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni sebanyak 1.408. Rinciannya, pemilih laki-laki berjumlah 716 dan 692 pemilih perempuan. (*)

Komentar

News Feed