oleh

Lima Calon PPK Gugur

MAMUJU – Lima peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2020, dipastikan gugur. Mereka tak mengikuti seleksi tertulis yang dilaksanakan KPU Mamuju, pada Minggu 2 Februari, di SMAN 1 Mamuju.

Dari 204 orang peserta yang lolos seleksi administrasi, hanya 199 yang mengikuti seleksi tertulis dan berpeluang lolos ke tahap wawancara. Sesuai mekanisme, peserta yang tak mengikuti tes tertulis tidak bakal diberikan kesempatan berikutnya.

Komisioner KPU Mamuju Ahmad Amran Nur mengatakan, di tahap tes tertulis ini, 199 orang peserta akan disaring menjadi 110. Masing-masing sepuluh orang setiap kecamatan. Itu lah yang akan lolos ke tahap tes wawancara.

“Hasil tesnya akan diranking untuk mendapatkan 110 orang peserta,” kata Amran, Minggu 2 Februari.

Namun, sebelum tes wawancara dilakukan, KPU Mamuju kembali meminta tanggapan masyarakat. Warga bisa langsung datang ke kantor KPU Mamuju atau melalui surat elektronik (surel) untuk menyampaikan aduannya. “Masa tanggapan kami buka 31 Januari hingga 8 Februari,” sebut Amran.

Tujuannya, lanjut Amran, mengajak warga ikut proaktif memberikan masukan dan tanggapan kepada calon anggota PPK. Sehingga, anggota yang terpilih nantinya mumpuni dan memenuhi syarat, serta berintegritas.

“Dengan keterlibatan masyarakat, kami mampu melahirkan penyelenggara PPK yang berkualitas dan berintegritas untuk mewujudkan Pilkada Mamuju Macoa 2020,” harap Amran.

Sebelumnya, Sabtu 1 Februari, Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang mengatakan, seleksi tertulis peserta PPK hanya berlangsung satu hari. Materi soalnya menyangkut pengetahuan kepemiluan dengan kewilayahan. SMAN 1 Mamuju dipilih jadi lokasi tes lantaran dianggap representatif.

“Dari beberapa lokasi yang disurvei, menyangkut masalah ketersediaan fasilitasnya, SMAN 1 Mamuju yang kami anggap cukup bisa memenuhi standar,” tandas Hamdan.
Hasil ujian tersebut, sambung Hamdan, bakal diumumkan pada 6 Februari mendatang. Seluruh jawaban leserta akan diverifikasi terlebih dulu selama tiga hari. (m2/ham)

Komentar

News Feed