oleh

Liga Europa: Real Sociedad Vs Manchester United, Laga Turun Kasta

TURIN – Manchester United akan melakoni laga turun kasta. Setan Merah akan menantang Real Sociedad pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Juventus, Jumat (19/2) dini hari WIB.

Sejatinya MU merupakan kontestan Liga Champions 2020/2021. Sayang pada fase grup mereka hanya finish di peringkat ketiga. Sehingga terpaksa harus berlaga di Liga Europa.

Bermain di kompetisi kasta kedua benua Eropa. Setan Merah memiliki cerita manis. Keikutsertaan terakhir mereka di Liga Europa musim 2016/2017. MU berhasil menjadi juara.

Pada partai puncak MU menang 2-0 atas Ajax. Gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. Kala itu MU dilatih oleh Jose Mourinho.

Ujian pertama MU di Liga Europa bukan lawan mudah. Sociedad musim ini penampilannya cukup stabil di La Liga Spanyol. Mereka berada di posisi kelima klasemen sementara.

Sayang pada laga pertama, Sociedad tidak bisa bermain di kandang. UEFA memindah pertandingan dari Stadion Anoeta ke markas Juventus. Alasannya karena tingginya angka pandemi Covid-19 di Spanyol.

Menghadapi MU akan menjadi laga emosional bagi Adnan Januzaj. Gelandang Sociedad itu dulu pernah lama membela Setan Merah. Dirinya berlatih di Old Trafford sejak 15 tahun.

“Saya sangat mencintai United. Mereka adalah klub kesayangan saya. Namun rasanya aneh harus melawan mereka,” kata Januzaj dikutip dari laman UEFA.

Musim ini Januzaj menjadi andalan dari Sociedad. Dirinya sudah mencetak dua gol dan dua assist untuk La Real. Januzaj terlahir kembali setelah sempat dibuang MU.

“Meski mereka klub favorit saya. Tetap saya akan bertarung habis-habisan untuk bisa memberikan Sociedad kemenangan. Kami bisa melakukan itu,” lanjut Januzaj.

Selain Januzaj, Sociedad memiliki David Silva. Mantan pemain Manchester City itu kini menjadi andalan pelatih Imanol Alguacil. Silva tentu masih ingat bagaimana caranya membongkar pertahanan MU.

Sociedad memang lawan yang berat. Lini depan mereka juga tajam. Alexander Isak menjadi andalan utama. Striker 21 tahun itu berhasil mencetak gol dalam lima laga terakhir di Liga Spanyol.

Menantang Sociedad, MU tampil tanpa Paul Pogba dan Phil Jones. Keduanya masih dibekap cedera. Beruntung MU memiliki kedalaman skuat yang cukup baik.

Ole Gunnar Solskjaer berpeluang memainkan Donny van de Beek dari awal. Gelandang Belanda itu akan diplot untuk menggantikan peran dari Pogba.

Seperti biasa, Bruno Fernandes akan menjadi motor serangan dari Setan Merah. Untuk posisi striker utama, Anthony Martial kemungkinan dipersiapkan menggantikan posisi Edinson Cavani.

Martial akan didampingi oleh Marcus Rashford dan Mason Greenwood. Trio ini akan jadi amunisi Solskjaer untuk mencuri gol di laga leg pertama.

Kemenangan ataupun gol di leg pertama akan menjadi bekal bagi MU. Beban Setan Merah pada leg kedua akan berkurang. Pasukan United harus bisa mengambil kesempatan. (vyt/fin)

Prediksi Susunan Pemain :

Real Sociedad (4-5-1) : Remiro; Monreal, Normand, Zubeldia, Gorosabel; Oyarzabal, Merino, Illarramendi, Silva, Januzaj; Isak.

Manchester United (4-2-3-1) : Henderson; Wan-Bissaka, Bailly, Maguire, Telles; Matic, Beek; Greenwood, Fernandes, Rashford; Martial.

Komentar

News Feed