oleh

Latih Mahasiswa Belajar Mandiri, UT Majene Gelar EKBM di Mamuju

MAMUJU – Universitas Terbuka (UT) Majene mengadakan kegiatan Edukasi Kesiapan Belajar Mandiri (EKBM), meliputi (Orientasi Mahasiswa Baru (OSMB) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) di Gedung PKK Mamuju, Minggu 1 Januari.

Manager Registrasi dan Pengujian UT Majene Syamsuddin mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib untuk seluruh mahasiswa baru dengan tujuan memperkenalkan penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ). Sehingga mahasiswa siap dan terampil dalam menempuh studi di UT nantinya.

Syamsuddin menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari proses percepatan adaptasi mahasiswa dengan sistem belajar jarak jauh di UT yang berguna bagi pembentukan pribadi mahasiswa yang mandiri melalui tutorial tatap muka dan juga online.

“Jadi kegiatan ini kami gelar untuk melatih mahasiswa belajar secara mandiri. Selain itu mahasiswa juga dilatih keterampilannya mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS (Ujian Akhir Semester, red), dan keterampilan mengakses layanan UT secara online,”ujar Syamsuddin.

Ia menambahkan, selain pemberian materi dan motivasi untuk mahasiswa, mereka juga diajak lebih mengenal UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh melalui pemutaran video maupun bahan presentasi mulai dari sejarah pendirian UT, struktur organisasi dan profil pimpinan di UT Pusat maupun di UPBJJ.

“Kegiatan ini dilaksanakan dua hari untuk mahasiswa baru Program Pendas dan Non Pendas Pokjar Mamuju dan Mamuju Tengah. Ini adalah kegiatan OSMB dan PKBJJ yang kedua. Sebelumnya OSMB dan PKBJJ telah diselenggarakan di kantor UT Majene pada tanggal 21 sampai 22 Februari yang diikuti mahasiswa Majene, Polman dan Mamasa,” tutup Syamsuddin. (m5/ham)

Komentar

News Feed