oleh

Langgar Protokol Kesehatan, Dapat Sanksi Bersihkan Sampah

PASANGKAYU – Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus covid-19, berjalan terus.

Berbagai tempat disambangi. Termasuk area wisata. Seperti yang digelar Jumat 9 Oktober, pagi. Tim gabungan menggelar opeasi yustisi di sekitar pasar Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba.

Tim dari Polres Pasangkayu, Satpol-PP, Koramil 1427-03 Bambaloka, Pemerintah Kecamatan Bulutaba, Puskesmas Bulutaba dan aparat Desa Lilimori menyasar warga yang melintas untuk berbelanja ke pasar, atau hendak ke Desa Karave dan Desa Bukit Harapan.

Menurut Kasatpol-PP Pasangkayu, Nasrum, dua jam melakukan operasi untuk menegakkan Perbup nomor 21 tahun 2020 tentang penerapan dan penindakan pelanggaran protokol Covid-19, berhasil menjaring 35 pelanggar.

“Warga yang terjaring operasi diberikan sanksi berupa memakai rompi pelanggar protokol kesehatan, kemudian dihukum membersihkan jalan Desa Lilimori. Juga disuruh membuat pernyataan, akan menggunakan masker,” tutur Nasrum.

Masyarakat yang dihukum tersebut, juga diberikan masker oleh petugas medis dari Puskesmas Bulutaba. Dengan harapan agar digunakan apabila sedang beraktivitas di luar rumah.

Operasi yustisi juga digelar di Pasar Martajaya, Kecamatan Pasangkayu, Minggu 11 Oktober, dengan menarget para pengunjung dan pedagang.

Dalam operasi itu, lebih dari 10 orang pelanggar mendapatkan sanksi membersihkan areal perkantoran Lurah Martajaya.

“semua harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak yang datang dari berbagai daerah, sehingga setiap pengunjung rawan tertular virus,” tandas Camat Pasangkayu, Hasbi. (r3/dir)

Komentar

News Feed