oleh

Langgar Prokes saat Isoman Bisa Dipidana

POLEWALI – Masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang menajalani isolasi mandiri (Isoman) dapat dikenakan pidana. Apabila tidak mengindahkan aturan yang ditetapkan dalam pelaksanaan Isoman.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Polewali Mandar Andi Suaib Nawawi menyampaikan, masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah namun tidak mematuhi aturan. Seperti keluar dari tempat isolasi kemudian mendatangi tempat umum atau tempat keramaian itu dapat dikenakan pidana karena melanggar paraturan karantina.

“Aparat tidak mungkin bisa setiap saat memantau karena mereka juga punya keterbatasan. Sehingga kesadaran masyarakat sangat diperlukan bisa berperilaku hidup bersih dan berpikir rasional,” terang Andi Suaib Nawawi.

Ia menegaskan masyarakat yang menajalani isolasi mandiri namun tidak mematuhi aturan seperti tidak keluar dari tempat isolasi sebelum dinyatakan sembuh. Petugas kepolisian dapat melakukan tindakan dengan adanya peraturan tentang pengendalian penyakit menular.
Masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri tetap wajib menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Ia juga menyampaikan, selain yang isolasi mandiri pasien di rumah sakit yang pulang paksa juga dapat dikenakan Undang-undang penyakit menular.

“Jika pasien positif meminta pulang paksa ini resiko yang ditimbulkan sangat besar. Mulai dari resiko menulari pengemudi, kerabat higga masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya,” terang Suaib Nawawi. (arf/mkb)

Komentar

News Feed