oleh

Kuliah di UT, Belajar Gaya Millenial

-Opini-2.378 views

“Salah satu model pembelajaran yang telah diterapkan oleh Universitas Terbuka (UT) dan memang menjadi idaman generasi millennial adalah model E-learning.”

OLEH: NURDIYAH (Dosen FST Universitas Terbuka)

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia. Pendidikan dipercaya mampu meningkatkan strata sosial seseorang. “Dari bukan apa-apa menjadi apa-apa”.

Pendidikan telah merancang model pembelajaran menyenangkan dan mengikuti perkembangan zaman. Model pendidikan tinggi yang memudahkan, diisitilahkan generasi millennial sebagai pendidikan menyenangkan menjadi hal yang dicari oleh generasi ini.

Perkembangan globalisasi yang semakin cepat dan merasuki generasi masa kini, menyebabkan pergeseran dalam dunia pendidikan. Dari yang semula bersistem tatap muka, kini mengarah pada sistem dalam jaringan (daring) atau online.

Masuknya globalisasi dalam dunia pendidikan, mengakibatkan metode interaksi antar manusia ikut bergeser dan mengalami perubahan. Salah satu model pembelajaran yang telah diterapkan oleh Universitas Terbuka (UT) dan memang menjadi idaman generasi millennial adalah model E-learning. Model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfatannya oleh tekhnologi informasi dan komunikasi.

E-Learning menurut Munir (2009) merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses pembelajaran di perguruan tinggi ke dalam bentuk digital yang dijembatani tekhnologi internet.
Generasi millennial adalah generasi yang berlimpah secara informasi, dan dinilai lebih berwawasan serta kaya data karena proses untuk memperolehnya lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya (Ary Rahmawan, 2017).

Generasi millenial menganggap tidak jaman lagi percaya sesuatu/produk iklan/perusahaan yang bersifat satu arah. Mereka lebih percaya pada User Generated Content (UCG) atau konten dan informasi yang dibuat oleh perorangan.

Contohnya, saat ingin memilih tempat pendidikan, mereka tak langsung menjatuhkan pilihan. Tetapi mereka justru mencari tahu terlebih dahulu review atau testimoni yang dilakukan oleh orang lain di internet. Terlebih ketika dinilai oleh mereka, hal tersebut terlihat sulit namun dalam prosesnya ternyata lebih mudah dan menyenangkan.

UT telah melaksanakan ini. Melalui registrasi online yang tidak menyulitkan lagi para generasi millennial untuk berlelah-lelah melakukan pendaftaran, dengan harus mendatangi kantor UT guna melakukan pendaftaran menjadi mahasiswa.

Komunikasi dua arah di benak millennial tidak lagi harus bertatap muka, tapi lewat sosial media pun semua bisa saling berkomunikasi tanpa henti. Banyak dari generasi millennial yang berinteraksi dan menjaga komunikasi lewat text messaging atau chating di dunia maya dengan berbagai platform. Selain menjadi media berinteraksi, kaum millennial juga menjadikan sosial media sebagai pusat informasi dan aktualisasi diri.

Kecendrungan generasi Y yang menyukai metode pembelajaran praktis, sangat sesuai dengan sistem pendidikan UT. Mahasiswa UT tidak mutlak harus duduk dalam kelas dengan jadwal dan jam tertentu mengikuti kelas perkuliahan.

Selain itu, generasi millennial lebih menyukai mencari e-book di internet lalu mengunduh dan membacanya. UT menyediakan bahan ajar digital yang dapat digunakan oleh mahasiswa. UT serta perpustakaan digital yang bebas diakses oleh mahasiswa UT dimana pun mereka berada.

Bagi generasi millennial, internet yang berperan dalam keberlangsungan hidup mereka. Prami Rachmiadi (2018), mengemukakan, “kaum millennial tidak akan pernah bisa lepas dari telepon genggam karena perilaku yang terjadi di tengah masyarakat saat ini adalah harus menjadi orang paling ter –up-to-date”.

Kebiasaan yang sesuai untuk generasi millennial, kecendrungannya memang menyenangi hal praktis. UT menyediakan fasilitas belajar yang bisa dengan mudah diakses menggunakan gawai atau smartphone. Melalui smartphone, mahasiswa dapat berselancar untuk memahami muatan-muatan materi yang tersaji dalam bahan ajar digital maupun mengikuti E-learning dan berdiskusi dengan para dosen dan teman-temannya, tanpa harus meninggalkan tempat.

UT mengakomodir kecendrungan model pembelajaran generasi millennial. Teman-teman kaum millennial, “Let’s join with UT”. Daftar sekarang dan nikmati layanan UT. Insya Allah UT dapat mengakomodir kebutuhan para kaum millennial. (***)

Komentar

News Feed