oleh

Kualitas SDM Tentukan Keberhasilan Transformasi Birokrasi Digital

MAMUJU, RADAR SULBAR — Peringati Hari Dharma Karya Dhika (HKDK) 2019, Kementerian Hukum dan Hak Asazi Manusia (KemenkumHAM) Sulbar menggelar upacara di pekarangan Kantor Imigrasi Kelas II Mamuju, Rabu 30 Oktober 2019.

Tema yang di usung “Transformasi Meraih Kinerja Pasti”. Maknanya adalah adanya perubahan rupa, baik bentuk, sifat dan cara bekerja di KemenkumHAM untuk meraih kinerja pasti. KemenkumHAM harus berubah signifikan dalam perbaikan dan peningkatan kualitas budaya kerja birokrasi yang konvensional menuju birokrasi digital.

Wakil Gubernur Sulbar, Hj. Enny Anggraeni Anwar yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, birokrasi digital sekarang bukan hal asing bagi kita. Birokrasi digital lahir dari suatu kondisi di dunia yang mempengaruhi berbagai relasi bangsa dalam memenangkan persaingan global, sistem negara dan sumber daya menuju ke suatu sistem yang saling terkait.

“Fenomena ini harus disikapi dengan cepat melalui akselerasi reformasi birokrasi substansial yang tidak hanya prosedural semata. Presiden sering mengingatkan, kedepan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara yang cepat yang akan mengalahkan negara yang lambat,” ujarnya.

Enny menambahkan, keberhasilan transformasi birokrasi digital di KemenkumHAM tergatung dari kemampuan adaptasi SDMnya. SDM harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi dalam bekerja. SDM tidak boleh gagap teknologi, semua harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Kompetensi SDM sangat memengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital.

“SDM KemenkumHAM segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Saya minta seluruh unit organisasi di bawah KemenkumHAM memberikan pendidikan dan pelatihan kepada ASNnya dengan materi yang up to date, based on IT dan mampu menjawab isu-isu strategis,” ujarnya.

Enny meminta, ke depan seluruh ASN Kemenkumham harus bekerja dengan keras, cepat dan produktif, serta lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi di seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran.

Kepala KemenkumHAM Sulbar, Harun Sulianto mengatakan, untuk mewujudkan perubahan signifikan dalam perbaikan dan peningkatan kualitas budaya kerja birokrasi yang konvensional menuju birokrasi digital di KemenkumHAM Sulbar, saat ini seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran di KemenkumHAM Sulbar sudah memanfaatkan teknologi informasi.

“Saat ini seluruh layanan kita sudah online, seperti di bidang imigrasi paspor sudah online, begitu juga dibidang pemasyarakatan usulan remisi sudah online dan lainnya. Jadi semuanya mengurangi kontak dengan manusia,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Sulbar bersama Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, menyerahkan piagam penghargaan kepada empat ASN Kemenkumham yang bertugas di Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Pasangkayu, atas prestasinya menggagalkan masuknya narkotika kedalam Rutan.

“pemberian penghargaan ini diharapkan jadi motivasi untuk petugas pemasyarakatan se Sulbar,agar terus melawan peredaran gelap narkotika di lapas /rutan”, tegas Harun

Acara ini dihadiri anggota Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, seperti, Kepala BNNP, Kepala BPS, Wakabinda, perwakilan Lanal, Ombudsman, Pimti Kumham dan Kalapas, Karutan dan Kaimigrasi se-Sulbar. (ian/rs)

Komentar

News Feed