oleh

KPU Tetapkan DPT Pilkada Majene, Silakan Dicek

MAJENE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Majene 2020. Mencapai 115.091 jiwa.

Ketua KPU Majene, Muh Arsalin Aras berharap pemilih bisa secara langsung melakukan pengecekan data apakah terdaftar di DPT atau tidak.

“Jika ada hal yang ingin masyarakat pertanyakan terkait DPT, maka dipersilahkan untuk bisa berkoordinasi dengan penyelenggara, baik PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia pemungutan Suara) dan KPU Kabupaten,” jelas Ketua KPU dalam keterangannya, kemarin.

Penetapan dilakukan melalui pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan DPT pemilihan bupati dan wakil bupati majene tahun 2020 di Villa Bogor, Rabu lalu.

Menurut anggota komisioner KPU Majene, Muhammad Subhan dari DPT yang ditetapkan mengalami kenaikan sebanyak 90 dari daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan sebelumya yakni sebanyak 115.001.

Subhan menjelaskan, jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 jumlah DPT yang ditetapkan KPU Majene sebelumnya yakni 110.884 dan ada penambahan 4.000 pemilih.

Sementara untuk pemilih yang terindikasi ganda lintas Kabupaten ujar Koordinator Divisi Perencanaan, data dan informasi, KPU Majene telah melakukan pembersihan dengan jumlah 90 lebih dan terjadi ganda internal dan eksternal.

“Ganda eksternal untuk Majene ada ganda Mamuju dan Majene, Majene dan Pasangkayu serta Majene dan Mamuju Tengah. Dan selain itu ada juga yang meninggal telah dibersihkan pada rekapitulasi DPS hasil perbaikan (DPSHP),” ujarnya, Kamis 15 Oktober.

Subhan berharap terjadap dinas kependudukan dan pencatatatan sipil (Disdukcapil), bagi pemilih yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk tetap menerbitkan e-KTP sebelum hari pencoblosan sehingga betul-betul warga masyarakat Majene terjamin hak pilihnya.

“Jadi jika masih ada yang tidak terakomodir di dalam DPT itu masih bisa nanti terakomodir sebagai daftar pemilih tambahan dimana nanti, mereka ke tempat pemungutan suara dengan membawa identitas kependudukan,” tutupnya. (r2/rul)

Komentar

News Feed