oleh

KPU Sulbar Mengaku Belum Usul Anggaran Pilgub

MAMUJU – Jika saja pelaksanaan Pilgub Sulbar dilangsungkan pada tahun 2022, secara otomatis tahapannya sudah harus dimulai di tahun 2021. Timbul pertanyannya, bagaimana dengan pembiayaan agenda tersebut?

Komisioner KPU Sulbar Farhanuddin mengatakan, karena belum ada dasar hukum untuk melaksanakan Pilgub Sulbar pada tahun 2022, KPU Sulbar sebagai lembaga penyelenggara pemilu/pilkada, juga belum pernah mengajukan usulan pembiayaan tahapan pilgub ke Pemprov dan DPRD Sulbar.

KPU Sulbar Mengaku Belum Usul Anggaran Pilgub

Ia menyebut secara gamblang bahwa internal lembaganya belum pernah membicarakan soal rancangan anggaran Pilgub Sulbar 2022, apalagi sampai membuat dan mengajukan usulan.

“Secara resmi kami belum pernah mengusulkan anggaran Pilgub 2022 ke pemeritah dan DPRD Sulbar. Karena dasar untuk mengusulkan juga belum ada. Entah lah nanti kalau ada perubahan regulasi,” ucap Farhanuddin kepada radarsulbar.co.id, Minggu 27 Desember 2020.

Lanjutnya, bahwa saat ini berkembang wacana akan ada Pilkada 2022, tentu pemerintah dan DPRD Sulbar juga sudah mengikuti perkembangan hal tersebut. Semua pihak harus siap jika saja aturan ternyata berubah.

Sebelumnya, Farhanuddin menjelaskan, bahwa berdasarkan Pasal 201 Ayat (8) UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, pilkada serentak nasional dijadwalkan pada November 2024.

Selanjutnya dalam Pasal 201 Ayat (9) UU Nomor 10 Tahun 2016 dijelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 dan 2023, akan diangkat penjabat gubernur, bupati, serta walikota, sampai terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota pada Pilkada 2024.

“Jika regulasi ini belum berubah, maka Pilgub Sulbar baru akan digelar pada 2024. Tentu kita merujuk ke undang-undang pilkada yang masih berlaku. Kalaupun ada wacana bahwa revisi undang-undang Pilkada, sebagaimana beredar di media bahwa tetap ada Pilgub 2022, kita juga siap,” tegas Farhanuddin. (ham)

Komentar

News Feed