oleh

KPU Mamuju: Dukung dan Awasi Kami

-Politik-1.558 views

RADARSULBAR.CO.ID — Memasuki kampanye terbuka atau rapat umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju, Sulawesi Barat kembali menagih komitmen para peserta agar lebih tertib, tak menyimpang dari koridor aturan.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang mengingatkan bahwa kampanye harus berpatokan pada prinsip-prinsip budaya lokal. “Sebagai orang Sulbar dan Mamuju menjunjung sipakala’biq, sipakatuo dan terpenting tidak saling sipakasiri dalam melaksanakan kampanye,” beber Hamdan di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, kemarin.

Penuh keyakinan, Hamdan menyebut bahwa dengan menjunjung budaya lokal, kampanye bisa berjalan damai, aman dan sejuk. Ditegaskannya, kesuksesan Pemilu 2019 tidak bisa lepas dari dukungan semua pihak.

Semua elemen masyarakat perlu ‘merasa’ bertanggung jawab dalam menyukseskan Pemilu, sesuai kemampuan masing-masing. “Kami minta, dukung dan awasi kami,” singkat Hamdan, menambahkan.

Hamdan mewanti-wanti peserta maupun tim sukses untuk tidak mempraktikkan politik uang. Sebab dalam Pasal 515 UU tentang Pemilihan Umum, mengatur pelanggaran dan sanksi, minimal tiga tahun dan denda uang Rp36 juta. “Jika terbukti, peserta bisa dicoret dan tak akan dilantik,” tegas Hamdan.

Perwakilan partai politik peserta Pemilu turut hadir dalam deklarasi kampanye damai, mengenakan seragam parpol masing-masing. Mereka juga melakukan penandatanganan komitmen kampanye damai. (m2/**)

Komentar

News Feed