oleh

Konflik Palestina-Israel, Butuh Solusi Hakiki

-Opini-1.575 views

SEJAK Akhir Ramadan lalu, konflik antara Palestina dan Israel memanas.

Oleh: Ummu Aulia
Pengurus MT Mar'tul Mumainnah

Konflik ini bermula tatkala terjadi bentrokan berdarah di Masjidil Aqsa, 7 Mei 2021. Bentrok dipicu ancaman penggusuran warga Palestina dari lingkungan Sheikh Al Jarrah di Yerussalem.

Konflik Palestina-Israel, Butuh Solusi Hakiki

Tidak hanya itu, bentrokan ini karena ulah provokator dari pemukim dan demonstran Yahudi yang meneriakkan “Matilah orang Arab”. Para provokator meneriakkan kata-kata tidak pantas itu di kawasan orang Arab.

Bentrokan dan kekerasan menyebar ke Masjidil Aqsa, dimana polisi Israel menggerebek mesjid yang disucikan. Bahkan, mereka menggunakan granat kejut pada jemaah yang berdemonstrasi pada saat itu.

Keadaan berubah secara dramatis, Senin 10 Mei 2021, ketika Hamas dan Jihad Islam Palestina mengirimkan roket salvo besar-besaran ke wilayah Israel, sebagai bentuk pembelaan terhadap Masjidil Aqsa dan orang-orang Palestina.

Menuai Respon Seluruh Dunia

Serangan Israel terhadap tanah para nabi menuai respon keras di seluruh dunia. Respon itu berupa gelombang protes dan kecaman dari individu, entitas muslim lokal dan global, hingga pemimpin negeri negeri muslim.

Kepala Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengutuk serangan udara mematikan Israel di Jalur Gaza sebagai “tidak pandang bulu dan tidak bertanggung jawab”. Dan mengatakan Israel telah memprovokasi peningkatan kekerasan di Yerusalem.

Menteri luar negeri Liga Arab menindaklanjuti dengan pertemuan virtual untuk membahas situasi di Yerusalem.

Respon itu juga datang dari Presiden Joko Widodo. Beliau meminta agresi Israel terhadap Palestina segera dihentikan. Ia mengatakan, agresi tersebut menimbulkan ratusan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak.

Komentar

News Feed