oleh

Kodim Polmas Gelar Pelatihan Trauma Healing

POLMAN — Kodim 1402 Polmas bersama Lembaga Traumah Pulih Sulawesi Barat dan Institut Agama Islam DDI Polman melakukan pelatihan trauma healing untuk membekali para Babinsa agar dapat membantu memulihkan trauma yang dialami para anak korban bencana di pengungsian di sejumlah tempat di Kabupaten Polewali Mandar.

Dandim 1402 Polmas Letkol Arh Hari Purnomo, bahwa pelatihan trauma healing ini untuk membekali para babinsa yang akan terjun langsung ke pengungsian untuk mempraktikkan trauma healing dengan baik tatkala turun langsung menangani bencana di lapangan.

Dandim menambahkan dalam pelatihan ini mereka dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi psikologis pasca bencana yang dialami oleh korban bencana. Sehingga para Babinsa dapat memahami situasi yang terjadi pasca bencana serta memberikan dukungan yang sesuai untuk korban bencana.

Ia berharap pelatihan trauma healing yang dilaksanakan di Makodim bersama adik mahasiswa ini dapat memberikan pengetahuan dalam melakukan trauma healing baik individu maupun warga yang terkena dampak bencana alam terutama anak-anak.

“Kita lihat bersama bahwa bantuan secara materi cukup memadai namun kita lupa bahwa sebenarnya banyak bantuan nonmateri yang juga bisa kita berikan, ” kata Dandim.

Ia sangat berharap Babinsa dan adik mahasiswa di lapangan dapat merespon psikologi yang dibutuhkan para warga yang sedang berada di pengungsian terutama anak-anak. (mkb)

Komentar

News Feed