oleh

Khusus Kabupaten Mamasa, Vaksinasi Covid-19 Dimulai Februari

MAMASA — Pemerintah Kabupaten Mamasa belum dapatkan petunjuk teknis untuk vaksin Sinovac. Kabupaten Mamasa baru akan melakukan vaksinasi Covid-19 mulai Februari mendatang. Prioritas pertama pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga medis.

Meskipun vaksin Sinovac telah tiba di Provinsi Sulawesi Barat, namun khusus untuk Kabupaten Mamasa belum mendapat petunjuk teknis pengiriman dan launching pelaksanaan vaksinasi.

Khusus Kabupaten Mamasa, Vaksinasi Covid-19 Dimulai Februari

Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda menyampaikan sampai saat ini belum mendapatkan petunjuk teknis untuk dilakukan pendistribusian vaksin ke Kabupaten Mamasa. Ia menyebutkan menyangkut persoalan pendistribusian vaksin akan menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan Mamasa.

“Itu akan menjadi urusan, Dinkes Mamasa dan jajarannya. Termasuk penyimpanan vaksin saat tiba di Mamasa, ” terang Marthinus Tiranda.

Ia mengaku, dimana saat ini vaksin masih berada di Provinsi Sulbar. “Jadi masih diproses di Provinsi Sulbar belum didistribusikan di daerah,” ujar Wakil Bupati Mamasa ini.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamasa Amos Pambangbone mengemukakan berdasarkan surat edaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tentang distribusi vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Untuk pendistribusian vaksin untuk Kabupaten Mamasa akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021 mendatang,” terang Amos Pampangbone.

Lanjutnya Amos, untuk pelaksanaan vaksin akan dimulai 15 Januari di Sulbar.

“Hanya akan dilaksanakan di ibukota Provinsi Sulbar, dan kabupaten yang berbatasan dengan ibukota provinsi yakni Majene,” ujar Amos.

Tahap awal vaksinasi Covid-19 untuk Kabupaten Mamuju dan Majene. Ini sudah diatur dalam surat edaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Namun Ia belum mendapatkan informasi kepastian pendistribusian dan vaksinasi di Mamasa bulan Februari mendatang.

“Karena petunjuk teknis dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar belum ada, terkait kapan kepastian hari dan tanggal pendistribusian dan pelaksanaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Mamasa,” tambahnya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed