oleh

Kesehatan Itu Penting

KESEHATAN merupakan hal sangatpenting dalam kehidupan, dan mendukung berjalannya aktivitas secara optimal. Kesehatan merupakan anugerah dari tuhan yang diberikan kepada manusia.

Oleh: Harlinah

Kesehatan diartikan sebagai kondisi fisik, mental, dan sosial yang terbebas dari gangguan penyakit. Sehingga aktivitas yang berjalan di dalamnya dapat terjadi secara maksimal.

Untuk mencapai standar kesehatan yang baik, diperlukan proses pengelolaan lingkungan sekitar dan aktivitas harian yang tercermin dalam gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup masyarakat yang menjunjung tinggi aspek-aspek kesehatan, seperti pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan, menjaga kebugaran fisik dan psikis dan pemberian asupan nutrisi yang cukup sehingga tercapai standar kesehatan yang optimal.

Kita ketahui bahwa pada kehidupan manusia, kesehatan adalah suatu yang paling utama. Tetapi masih banyak orang yang menyepelekan kesehatan hanya karena kesibukan atau hal lain. Masih banyak masyarakat yang enggan sakit, namun pada kenyataannya mereka masih saja tidak sadar akan kelemahan-kelemahan mereka yang mengundang untuk terserang penyakit.

Diantaranya adalah makan makanan yang kurang bergizi, tidur tidak teratur, malas berolah raga, tidak bisa mengelola stress dengan baik, malas cuci tangan dan pakai masker ketika berada di luar rumah. Saat sakit barulah mereka menyadari bahwa kesehatan itu penting, dalam artian tidak bisa dianggap sepele.

Pentingnya menjaga kesehatan sebetulnya sangat menarik untuk kita perbincangkan. Beberapa contoh slogan yang biasa kita dengar atau kita jumpai diantaranya adalah “sehat itu mahal harganya” dan “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Namun slogan tersebut hanyalah merupakan slogan belaka untuk sebagian orang. Seolah-olah tak punya arti penting. Ternyata memang sulit meningkatkan kesadaran masyarakat yang masih kurang menyadari akan pentingnya kesehatan.

Berikut ini akan kita bahas berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya dilakukan setiap hari. Hal ini dapat membuat kondisi kita senantiasa prima dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin timbul.

Hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat yaitu makan makanan bergizi, tidur yang cukup, olahraga teratur dan mengelola stres dengan baik. Sedangkan untuk mengantisipasi masuknya penyakit pada tubuh, dengan cara mencuci tangan terutama sebelum makan dan menggunakan masker mulut ketika berada di luar rumah. Berhubung polusi bertebaran dimana mana.

Berikut akan dibahas upaya-upaya dalam menjaga agar tubuh kita tetap sehat.

Pertama, makan makanan bergizi. Makanan juga merupakan salah satu bagian yang penting untuk kesehatan manusia. Dari makanan yang dikonsumsi, tubuh kita mendapat asupan yang dibutuhkan dalam hal melakukan aktivitas. Seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Namun perlu diingat, setiap saat dapat saja terjadi peyakit-penyakit yang timbul dari makanan yang dikonsumsi atau dalam istilah asingnya dikenal dengan food borne diseases.

Kedua, tidur yang cukup. Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang tidak boleh disepelekan. Tidur yang cukup memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Walaupun kita telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur, jika tidak diikuti tidur yang cukup maka semua itu akan sia-sia.

Tidur yang cukup bagi orang dewasa dan lansia selama 7 hingga 8 jam, remaja dan anak-anak SD dianjurkan tidur selama 9-10 jam. Selain itu, anak prasekolah dianjurkan tidur selama 11-12 jam. Sedangkan bayi dan balita dianjurkan tidur selama 16-18 jam.
Ketiga, olah raga teratur. Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Ada tiga jenis olah raga yang sebaiknya dijadikan rutinitas harian.

Olahraga teratur membantu kita mengendalikan berat badan, karena mampu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Olahraga juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Selain itu, olahraga teratur juga membuat persediaan jumlah oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh menjadi maksimal serta dapat memperbaiki mood. Hal Ini dapat menghilangkan rasa stres, cemas atau depresi.

Olahraga teratur melepaskan hormon, misalnya norepinefrin dan serotonin yang mampu mengendalikan tingkat stres dalam otak.

Keempat, mengelola stres dengan baik. Stres adalah hal normal yang pernah dialami setiap orang. Stres yang normal bisa memberi dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu terkena penyakit. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum.

Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa stres bisa menyebabkan penyakit? Jawabannya, stres bukan hanya sekadar perasaan. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat.

Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah. Maka lakukan cara-cara mengendalikan stres, yaitu mengeluarkan semua unek-unek, olahraga, meditasi, jalani hobi, jalani hidup pada masa sekarang, dan jaga diri.

Terakhir, cuci tangan dan pakai masker mulut ketika berada di luar rumah. Untuk mencegah penularan Covid-19 tak hanya dengan memakai masker ketika keluar rumah. Cara pencegahan lain yang tak kalah penting adalah mencuci tangan. Mencuci tangan menjadi salah satu bagian protokol kesehatan di era new normal.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mengimbau masyarakat mencuci tangan minimal 20 detik, dilakukan dengan penggunaan sabun dan dibilas di bawah air mengalir. (***)

Komentar

News Feed