oleh

Kemenkumham Lantik MKN Wilayah Sulbar

MAMUJU — Kementerian Hukum dan Hak Asazi Manusia (Kemenkumham) Sulbar melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan melantik Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Sulbar di Aula Kantor Kemenkumham Senin, 6 September 2021.

Kepala Kemenkumham Sulbar Muhammad Anwar N mengatakan, MKN dibentuk untuk menjalankan tugas Menteri Hukum dan HAM dalam rangka pembinaan terhadap notaris dalam wilayah kerjanya.

Hal ini didasarkan pada Pasal 66A, UU Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

“Peran strategis MKN utamanya adalah menindaklanjuti permohonan pemeriksaan litigasi yang dilakukan terhadap notaris. Baik atas permintaan penyidik, penuntut umum, maupun hakim,” ujarnya.

Yang perlu digarisbawahi, lanjut Anwar, MKN melakukan tugas pembinaan untuk dan atas nama Menteri Hukum dan HAM. Oleh karena itu, dituntut untuk bekerja secara profesional dan dapat bertindak tegas terhadap permohonan pihak penyidik, penuntut umum atau hakim dalam memenuhi permintaan pengambilan akta dan pemanggilan notaris terkait akta yang berada di dalam penyimpanannya.

“MKN harus cermat dan tanggap terhadap permohonan dan teliti dalam proses pemeriksaan terhadap notaris yang bersangkutan sebelum surat persetujuan atau penolakan berlaku. Hal tersebut penting agar penegakan perlindungan hukum terhadap notaris dapat kita laksanakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya.

Anwar berharap, MKN Wilayah Sulbar dapat berperan aktif untuk mewujudkan notaris yang profesional dalam pelayanan kepada masyarakat. Serta hasil kerja yang baik dari MKN, agar kedepannya tidak ada lagi notaris yang bermasalah.

“Selamat bertugas. Saya berharap saudara diberikan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa serta kemudahan dalam melaksanakan tugas pembinaan terhadap notaris di wilayah Sulbar. Percayalah, kemampuan dan pengetahuan serta kerjasama yang baik, akan membuat pembinaan terhadap notaris dapat dilaksanakan dengan baik, dan dirasakan masyarakat pengguna jasa notaris,” tutupnya. (ian)

Komentar

News Feed