oleh

Kemendikbud Akan Undang 300 Perusahaan Lirik Pendidikan Vokasi

JAKARTA – Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto terus mensosialisasikan program SMK-D2 Fast Track dan peningkatan program D3 menjadi D4. Hal ini guna mempercepat penyerapan lulusan ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Oleh karena itu, untuk mensukseskan hal ini pihaknya akan mengundang 300 perusahaan besar Indonesia untuk melihat program unggulan vokasi pada tahun ini. Harapannya, dengan ini akan terjadi jalinan erat antara pendidikan vokasi DUDI.

Kemendikbud Akan Undang 300 Perusahaan Lirik Pendidikan Vokasi

“Bulan depan kita akan undang 300 perusahaan besar Indonesia. BUMN, swasta, negeri kita undang mau kita promosikan D2, D4, D2 fast track dan SMK,” ungkapnya dalam Rapat Koordinasi dan Kick Off Program Ditjen Pendidikan Vokasi secara daring, Kamis (4/2).

Dia menyatakan, tahun ini pihaknya akan berfokus pada penguatan program D4 dan SMK-D2 Fast Track. Namun pengembangan itu sifatnya tidak wajib, yakni diserahkan sesuai kemampuan SMK atau perguruan tinggi vokasi masing-masing.

“Silakan putuskan, tapi kami kebijakannya untuk ke depannya akan fokus pada D4,” jelasnya.

Dia mengharapkan agar program ini dapat mencetak lulusan vokasi yang memiliki kompetensi sesuai yang dibutuhkan oleh industri. Bahkan diharapkan juga untuk mampu menghasilkan produk mandiri yang dapat dihilirisasi lewat industri dan dipasarkan ke masyarakat.

“Kita buktikan bahwa tidak hanya menciptakan lulusan yang kompeten tapi juga produk-produk yang akan menurunkan kadar impor dari produk luar begeri,” tutup Wikan. (jpg)

Komentar

News Feed