oleh

Kejati Sulbar Tahan Pelaku Kasus Tipikor Bibit Kopi, Tersangka Bisa Bertambah

MAMUJU – Tersangka Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Murnianto, akhirnya ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulbar.

Murnianto merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bibit kopi sebanyak satu juta batang untuk lahan 1.000 hektar senilai Rp 8,9 miliar, di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura, Mamasa, tahun 2015.

Modusnya, tersangka meminta tim Pokja mengganti spesifikasi bibit kopi. Dari bibit unggul yang melalui proses uji laboratorium menjadi bibit yang melalui proses pencangkokan atau steak.

Hal tersebut dilakukannya agar PT Supin Raya sebagai perusahaan penyedia bibit kopi menang dalam proses lelang.

Sebab, PT Supin Raya telah menjalin kerja sama dengan suplier bibit kopi hasil steak batang pucuk (Somatic Embryogenesis) yakni Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) di Jember, Jawa Timur.

Namun, dari satu juta bibit kopi yang didatangkan dari Jember tersebut, terdapat sekira 500 ribu bibit kopi diduga dari hasil stek batang pucuk kopi yang dikemas di dalam plastik dan dikumpulkan di daerah Sumarorong, Mamasa.

Biaya produksi dari bibit labolatorium itu berkisar Rp 4.000. Sedang ongkos hasil stek itu hanya Rp 1.000. Sehingga terjadi selisih harga yang lumayan besar.

“Tersangka membuat kontrak tidak sesuai KAK (Kerangka Acuan Kerja,red), pedoman teknis dan spesifikasi barang. Anggarannya bersumber dari APBN,” kata Aspidsus Kejati Sulbar, Fery Mupahir, di Kantor Kejati Sulbar, Kamis 15 Oktober.

Akibatnya, perbuatan tersangka itu menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 1,1 miliar. Kasus ini, lanjut Fery, merupakan pelimpahan dari penyidik di Sulsel.

“Tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 subs Pasal 3 Junto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kami tahan sementara di Polda Sulbar,” papar Fery.

Fery menambahkan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan. Termasuk bakal memeriksa kontraktor atau pihak perusahaan itu. Kemungkinan ada tersangka lain. (m2/rul)

Komentar

News Feed