oleh

Kebersamaan dan Sinergi Majukan Polman

POLEWALI – Peringatan hari jadi ke-61 Kabupaten Polewali Mandar digelar secara sederhana melalui paripurna DPRD Polman secara virtual. Hari jadi Kabupaten Polewali Mandar ini juga dihadiri Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar secara virtual dari Rumah Jabatan Gubernur di Mamuju, Selasa 29 Desember.

Berbagai harapan disampaikan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar terkait peringatan hari jadi Kabupaten Polman ini. Mantan Bupati Polman dua periode ini menaruh harapan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan untuk bersinergi dalam membangun dan memajukan Bumi Tipalayo.

Kebersamaan dan Sinergi Majukan Polman

Ali Baal berharap kebersamaan terus dibangun dalam memajukan Polewali Mandar. Sehingga daerah ini menjadi yang terkemuka dan lebih maju di Sulbar.

“Semoga dengan usia ke-61 tahun Kabupaten Polewali Mandar , kita semakin meningkatkan motivasi dan inovasi untuk lebih giat membangun daerah, untuk masa sekarang dan di masa mendatang,” harap Ali Baal Masdar.

Ia berharap kiranya kebersamaan dapat terus dibangun, dipelihara dan dipertahankan dalam upaya memajukan Kabupaten Polewali Mandar.

“Saya sangat yakin, jika semua stakeholder, semua komponen kekuatan dan seluruh masyarakat secara bersama-sama berkomitmen untuk mengoptimalkan perannya sesuai kedudukan, fungsi dan tugasnya masing-masing. Maka insya Allah kedepan Polewali Mandar yang kita banggakan ini bisa menjadi daerah maju dan lebih berkembang dari saat ini. Pemprov Sulbar akan terus mendukung kerja keras seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dalam membangun Polewali Mandar,” ucapnya.

Ali Baal menyampaikan beberapa hal diantaranya, mengajak untuk senantiasa menjaga agar Kabupaten Polewali Mandar aman, tenteram dan damai.

“Kedepankanlah selalu nilai-nilai kearifan budaya untuk merekatkan semua elemen yang ada di Polewali Mandar, karena penduduk yang ada di daerah ini kian hari terus bertambah dan semakin majemuk,” ajak Ali Baal.

Termasuk mantapkan stabiitas keamanan sebagai salah satu faktor penting bagi kesuksesan dan kelancaran roda pembangunan. Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Ali Baal, segala aktivitas dimaksimalkan dilaksanakan di rumah saja, tetapi jika hal tersebut penting dan aktivitasnya harus dilaksanakan di luar rumah, maka boleh saja dilakukan hal tersebut dengan tetap memperhatikan kedisiplinan dalam protokol kesehatan Covid-19.

Paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Polman dipimpin, Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud. Menurutnya peringatan hari jadi ini merupakan suatu momentum penting dalam sejarah kehidupan masyarakat utamanya dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembanguan khususnya di Kabupaten Polman. Peringatan hari jadi ini dijadikan bahan intropeksi mengingat Polman yang berusia 61 tahun tentu di dalamnya banyak terkandung pengalaman dinamika berbagai peristiwa bersejarah yang telah memainkan peranan penting yang hasilnya dapat dinikmati sekarang ini.

“Makna peringatan hari jadi kab Polman adalah suatu bahan intropeksi dan inspirasi bagi kita semua terhadap segala sesuatu yang telah kita capai maupun belum tercapai kiranya dapat menjadi motivasi dan daya ungkit untuk berkreasi dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan,” ujar legislator Golkar ini.

Menurutnya, hal itu dapat terwujud karena kerjasama semua pihak lebih khusus kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif. Sebagai penyelenggara pemerintahan daerah sehingga dengan mudah dapat mengawal dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Polman. Demikian pula tak kalah pentingnya partisipasi masyarakat yang memberikan dukungan dan kepercayaan pada berbagai program pemerintah.

“Namun patut kita menyadari pula dari berbagai keberhasilan dan pretasi yang patut dibanggakan, harus pula diakui bahwa masih terdapat beberapa kekurangan hambatan dan tantangan yang belum sepenuhnya dapat diatasi. Olehnya kita jadikan sebagai bahan inspirasi bukan saja seremonial belaka tapi tak kalah pentingnya adalah karya nyata dalam bertindak lokal dan berfikir global. Sehingga kita tidak ketinggalan kereta mamasuki era milenial dan literasi digital abad 21 yang berhadapan dengan dinamika perubahan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar berharap diusia 61 tahun, Polewali Mandar bisa segera keluar dari daerah zona merah Covid-19. Apalagi trend penyebaran virus Covid -19 terus meningkat sehingga perlu sinergitas dan kebersamaan semua elemen dalam mengatasi korona.

Selain itu, Ia juga berharap aparatur pemerintah daerah tetap komitmen dalam memajukan Polman.

“Semoga seluruh elemen masyarakat sehat terhindar dari Covid-19 dan semua rencana pembangunan dapat berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan,” tambahnya. (mkb)

Komentar

News Feed