oleh

Kebakaran Ponpes Al Ikhlas Lampoko, Hanguskan Dokumen Penting

CAMPALAGIAN – Bangunan Pondok Pesantren Al Ikhlas Lampoko, Kecamatan Camapalagian, dilalap sijago merah, Sabtu malam 18 Januari. Sejumlah dokumen penting ludes.

Malam itu, api secara cepat membakar bangunan yang selama ini menjadi kantor dan ruang guru Ponpes Al Ikhlas Lampoko, Camapalagian, Polewali Mandar.

Hingga Minggu, 19 Januari, penyebab pasti kebakaran belum diketahui. Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh Polres Polman belum dipublis.

Jelasnya, kebakaran menghanguskan sejumlah dokumen penting milik Ponpes. Termasuk ijazah para santri.

Demikian penekanan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Ikhlas Lampoko, M Said Sidar kepada Radar Sulbar, kemarin.

Ia pun menjelaskan, Kejadian berlangsung sekira pukul 18.30 Wita usai salat magrib.

Sumber api, kata Said, pertama kali terlihat dari bagian atas ruangan pimpinan Mts.

“Kami menduga itu berasal dari instalasi listrik. Apinya sudah membumbung tinggi. Kemungkinan proses kebakarannya sebelum magrib,” tutur Said yang juga Anggota DPRD Polman, Minggu 19 Januari.

Adapun bagian yang terbakar, adalah ruangan pimpinan yayasan dan pondok, pelayanan satu pintu, kantor MTs/ SMP, ruang guru, dan tiga ruangan laboratorium, yaitu; Laboratorium bahasa, komputer, dan IPA.

Secara keseluruhan, bangunan yang terbakar mencapai 9 meter kali 80 meter. “Diperkirakan kerugian mencapai Rp 600 juta,” sebut Said.

Saat api terlihat, lanjutnya, pemadaman dilakukan dengan alat seadanya.

Namun apa daya, api sudah menjalar luas. Dalam waktu singkat menyambar beberapa ruangan dalam bangunan tersebut.

Si jago merah baru dapat dipadamkan sepenuhnya setelah sejumlah armada damkar Pemkab Polman tiba di lokasi.

Terpisah, Kapolres Polman, AKBP Muhammad Rifai menerangkan, untuk mengetahui penyebab kebakaran perlu dilakukan penelusuran mendalam.

“Indikasi awalnya arus pendek listrik. Tetapi untuk lebih datailnya dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara dan kita juga akan panggil tim labfor dari Polda Sulsel,” papar AKBP Rifai.

DUKUNGAN MORIL

Pagi kemarin, sedikitnya 100 personel gabungan dari Polres Polman dan Kodim 1402 Polmas bersama masyarakat membantu membersihkan sisa kebakaran Ponpes Al Ikhlas Lampoko.

Sebagai bentuk dukungan moril, sekaligus agar aktivitas di pesantren ini bisa berjalan normal kembali.

Sebuah truk terlihat bolak balik mengangkut sisa-sisa kebakaran di area Ponpes. Pembersihan dipimpin langsung Kapolres Polman.

Pascakebakaran, pagi kemarin Wakil Bupati Polman, M. Natsir Rahmat juga turun langsung melihat kondisi Ponpes Al Ikhlas.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Burhanudin Djafar pun menyempatkan diri melihat Ponpes Al Iklhas pasca kebakaran dan langsung menyalurkan bantuan.

Kapolda berharap bantuan Kepolisian dapat meringankan beban keluarga besar Ponpes yang terkena musibah. (***)

Reporter: Muh Mabrur-Arif Budianto
Editor: Amri Makkaruba-Chaerul Marfan

Komentar

News Feed