oleh

Kasus Korupsi Mobil Hibah Mamasa Naik Status ke Penyidikan

MAMASA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mamasa akan menaikkan status penyelidikan kasus dugaan korupsi penjualan mobil hibah di Kabupaten Mamasa. Penyidik Kejari Mamasa akan menaikkan kasus itu dari penyelidikan (Sidik) ke penyidikan (Lidik) bulan depan.

Kenaikan status ini setelah Seksi Intelejen Kejari Mamasa mengumpulkan bukti terkait dugaan korupsi tersebut.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Mamasa Andi Dharman mengatakan pada tahun 2020 lalu ada beberapa kasus yang ditangani. Termasuk kasus yang ditangani oleh bagian Tindak Pidana Khusus (Pidsus).

“Jadi ada satu kasus dugaan korupsi yang ditangani dalam proses penyelidikan. Rencananya akan ditingkatkan ke penyidikan. Sementara dua kasus korupsi saat ini sementara proses sidang di PN Tipikor. Kedua kasus itu dugaan korupsi dana desa yang melibatkan mantak Kades Sepakuan dan Kades Tamalantik,” beber Andi Dharman.

Lanjutnya, untuk kasus penyelidikan yang saat ini ditangani Bagian Intelejen Kejari Mamasa ada duaa yang prosesnya sementara pengumpulan bukti dan keterangan.

“Kemungkinan satu kasus yakni penyalahgunaan hibah mobil bulan depan kita tingkatkan statunya dari penyelidikan ke penyidikan. Kasus tersebut akan diserahkan ke Bagian Tindak Pidana Khusus,” terangnya.

Ia mengungkapkan khusus laporan yang masuk ada beberapa. Laporan masyarakat yang memenuhi unsur tindak pidana, tentunya akan dilanjutkan. Namun, jika tidak memenuhi tidak akan dilanjutkan.

Namun saat dikonfirmasi mengenai kasus apa saja yang dilaporkan, pihaknya enggan memberitahukan. “Itu tidak bisa karena rahasia, yang jelas ada beberapa dugaan proyek bermasalah dilaporkan,” tandasnya.

Kebanyakan laporan dugaan korupsi yang masuk masalah pengunaan dana desa. Meskipun beberapa juga persoalan proyek.

“Tapi kalau persoalan desa biasanya koordinasi dengan Inspektorat. Jika tidak signifikan temuan yang ditimbulkan dan kooperatif dan ada surat pernyataan pengembalian itu kita serahkan ke Inspektorat,” tambahnya. (zul/mkb)

Komentar

News Feed