oleh

Kapolda Sulbar: Media Bikin Suasana Jadi Kondusif

MAMUJU – Dua tahun lebih Brigjen Pol Baharudin Djafar menahkodai Polda Sulbar. Menurutnya tak sedikit dinamika yang telah dilalui.

Senin 10 Februari, Brigjen Baharudin menyempatkan berkunjung ke Kantor Radar Sulbar sebelum bertolak ke Jakarta.

Di lantai II, ruang rapat Redaksi Harian Radar Sulbar, Kapolda yang dikenal religius ini menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada awak koran ini, serta seluruh insan pers di Sulbar, karena turut mendukung dan mensuport tugas-tugas kepolisian.

Bagi Kapolda capaian-capaian Polda Sulbar selama ini, tidak lepas dari kontribusi media massa, yang dinilai terus membangun sinergi dengan Polda Sulbar, baik melalui pemberitaan positif maupun kritik konstruktif.

“Kebersamaan dengan Media. Medialah yang membuat suasana menjadi kondusif,” ujar Kapolda, sesaat sebelum saat berpamitan kepada jajaran Radar Sulbar, kemarin.
Karena itu, sang jenderal menitip harap agar kebersamaan antara Polda dan media massa bisa terus terjaga.

“Apabila ada hak, mohon disampaikan secara khusus,” imbuh Brigjen Baharudin yang kemarin diterima Direktur Harian Radar Sulbar, Mustafa Kufung bersama Kepala Biro Mamuju Harian Fajar, Nasrun Nur serta Penanggung Jawab Event dan Promosi Radar Sulbar, Sudirman Samual.

Selama ini, salah satu ruang interaksi antara awak media dan kepolisian di Sulbar adalah Coffee Morning. Agenda ini, rutin setiap bulan.

Brigjen Baharudin memastikan ruang ruang interaksi itu akan tetap berlanjut.
“Ini sudah saya sampaikan ke Kapolda baru, yang akan menggantikan saya. Insya Allah, ruang seperti itu dilanjutkan, itu memberikan dampak positif kepada masyarakat,” terangnya.

Kini, ia menyiapkan diri ke tempat penugasan baru sebagai Kapolda Maluku, dengan menyandang pangkat Irjen.

Diketahui, Kapolri telah melakukan mutasi beberapa pimpinan Polda. Salah satunya, Kapolda Sulbar dimutasi menjadi Kapolda Maluku, menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa.
Sementara Kapolda Sulbar yang baru adalah, Brigjen Pol Eko Budi Sampurno.

Menurut Baharudin, mengemban amanah di Maluku bakal berlangsung beberapa bulan saja. Setelah itu, ia akan kembali ke Sulbar, mendirikan pondok pengajian.

“Saya akan kembali kesini bergabung dengan kawan-kawan. Maaf, kalau selama ini ada yang perkataan yang tidak pada tempatnya,” tuturnya.

Selain berpamitan kepada insan pers, Baharuddin juga berpamitan kepada jajarannya di Mapolda Sulbar.

“Kurang lebih dua setengah tahun saya memimpin roda organisasi di Sulbar, dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik berkat dukungan seluruh pejabat utama beserta personilnya,” sebut Kapolda saat memberikan pengarahan pada Apel, Senin 10 Februari di Mapolda Sulbar.

Kapolda Sulbar juga meminta doa kebaikan dari seluruh personelnya agar pencapaian selama menjabat di Sulbar dapat pula diterapkan di tempat penugasan baru, di Maluku.
Dia pun berpesan agar personel senantiasa membangun kepercayaan kepada seluruh semua pihak.

Baharuddin juga penyinggung soal harmoni award, dimana Kalimantan Utara menduduki peringkat pertama mengalahkan Sulbar.

Kuncinya adalah toleransi yang tinggi antara umat beragama. Dia berharap di Sulbar pun dapat mewujudkan capaian itu.

Sebelum menutup pengarahan, Baharuddin mengurai sedikit tentang Brigjen Pol Eko Budi Sampurno.

“Beliau ini gemar bersepeda. Selain itu, sosok beliau selama karirnya dikenal dengan kecerdasannya, ditambah lagi jenjang karirnya yang masih panjang. Saya yakin estafet kepemimpinan yang dilanjutkan oleh beliau bisa lebih baik lagi dalam membangun Sulbar,” jelas Kapolda. (imr/rul)

 

VIDEO:

Komentar

News Feed