oleh

Kanwil DJPB Sulbar Tingkatkan Kemampuan Menulis Bagi Pegawainya

MAMUJU–Menulis bukanlah pekerjaan gampangan.  Bukan juga pekerjaan sulit. Modalnya, cuma ketekunan dan kemauan. Pasti bisa menjadi menjadi penulis andal dan berkompoten.

Memiliki keahlian menulis berkompoten dibidangnya, hal inilah yang terus digalakkan di kalangan karyawan Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Barat.  Lewat   pelatihan Capcity Building bagi pegawai Kanwil DJPB Sulbar selama dua hari. Satu hari, yaitu hari pertama, Jumat 16 Oktober, khusus untuk mengasah kemampuan menulis bagi 40 karyawan DJPB Sulbar.

‘’Disaat pandemik Covid-19 ini semua kegiatan dilakukan lewat virtual,’’ ungkap  Kepala Kanwil DJPb Sulbar, Imik Eko Putro, saat membawakan pengantar diskusi penulisan artikel dan bedah opini para karyawannya.

Menurut Imik, Kanwil DJPb, sengaja kami menghadirkan pemateri dari media berkompoten supaya sejalan dengan tema kegiatan, yakni Literasi Unggul untuk Mendukung Misi Perbendaharaan. Sehingga, kami butuhpemateri yang berkompeten dalam membahas kompetensi literasi. “Harapan kami agar kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi literasi pegawai Kanwil DJPb Sulbar,” tutur Imik.

Menurutnya, kompetensi literasi penting sebagai modal dasar untuk menulis.  Dengan demikian pegawai dapat berbagi informasi khususnya terkait perkembangan fiskal di Sulbar dengan teknik penulisan yang memenuhi koridor penulisan media massa.

Salah satu pemateri  dari Koran Radar Sulbar, R Mustafa Kufung, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kanwil DJPb Sulbar.  Menurutnya kegiatan tersebut bernilai positif sebab melibatkan seluruh ASN lingkup DJPb Sulbar untuk sadar literasi.

Dia pun menyebutkan, salah satu ruang yang diberikan kepada masyarakat dalam menuangkan gagasan dengan adanya kolom Opini. Di kolom tersebut diperlukan wawasan serta tata penyusunan dalam menuliskan sebuah gagasan. “Kegiatan ini sangat positif. Lewat kegiatan bisa saling share wawasan bagaimana menyusun sebuah  narasi dalam berita atau opini,” ungkapnya. (imr)

Komentar

News Feed