oleh

Kaitan antara Telur, Penyakit Jantung dan Diabetes

JAKARTA – Telur adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Per butirnya, konsumsi telur menawarkan begitu banyak gizi yang dibutuhkan tubuh manusia.

Sebut saja vitamin A, B2, seleniu, B12, dan folat adalah beberapa yang ditawarkan konsumsi telur. Belum lagi sumber protein dan antioksidan untuk memerangi radikal bebas, selain juga omega-3 yang baik untuk otak dan jantung.

Namun konsumsi telur bukanlah tanpa masalah, karena perlu disadari pula, bagian kuning dari telur yang Anda makan itu, adalah di mana kolesterol produk unggas ini berada.

Dan menurut studi yang dirilis di JAMA, dari setiap 300 mg kolesterol yang dikonsumsi harian dari telur, dapat meningkatkan risiko terbentuknya penyakit kardiovaskuler hingga 17 persen.

Dari studi itu, juga ditemukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi teluar tiga hingga empat butir per minggunya, punya risiko 6 persen lebih tinggi, bermasalah dengan jantungnya di kemudian hari.

Sementara itu, studi lain menyebutkan bahwa konsumsi satu butir telur per harinya, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 (melitus) di kemudian hari, jika dibandingkan mereka yang hanya makan satu butir per pekannya.(ruf/fin)

Komentar

News Feed