oleh

Kades di Sulsel Diingatkan Gubernur Jaga Kelestarian Hutan

MAKASSAR–Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah, meminta seluruh kepala desa se-Sulsel agar menjaga lahan yang masih utuh dan melakukan konservasi hutan yang sudah dibabat oleh petani jagung.

Ia berharap, semua lahan yang sudah rusak agar dilakukan konservasi dan lahan yang masih utuh agar dijaga dengan baik. Karena ini merupakan pertahanan kita, agar terhindar dari bencana alam.

”Hutan kita yang sudah rusak tinggal kita konservasi lagi, lahan yang masih utuh kita jaga bersama. Nah tolong seluruh kepala desa, jangan sampai dibuka lahan baru lagi,” kata Nurdin Abdullah pada acara sosialisasi dan rapat kerja pengelolaan Dana Desa di Makassar, Selasa.

Menurutnya, keberadaan hutan di Sulsel sudah sangat memprihatinkan karena ulah masyarakat yang membabat habis hutan.

Arahan untuk menjaga hutan ini tiada lain untuk kepentingan masyarakat Sulawesi Selatan sendiri. Sebab, sudah berturut-turut dua tahun mengalami bencana alam, bahkan merenggut nyawa pada awal Tahun 2019. ”Kita harus menjaga hutan kita demi kepentingan kita semua,” ujarnya.

Pada setiap kesempatan, Nurdin Abdullah menyampaikan betapa pentingnya bagaimana menjadi hulu agar tidak berefek pada bencana alam di hilir. Apalagi, air memiliki sifat mencari tempat yang paling rendah untuk dilewati. (ant)

Komentar

News Feed