oleh

Jokowi: Hati-hati, 18 Juta Orang Masih Akan Berusaha Mudik

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk terus mengingatkan agar masyarakat tidak mudik ke kampung halamannya pada lebaran tahun ini. Ini karena Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19 yang angka penularannya terus saja mengalami peningkatan.

“Harus disampaikan terus mengenai larangan mudik ini agar bisa berkurang lagi,” ujar Jokowi dalam pengarahan kepala daerah se-Indonesia di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4/2021).

Jokowi: Hati-hati, 18 Juta Orang Masih Akan Berusaha Mudik

“Hati-hati dengan mudik lebaran. Pengaturan yang mudik itu sangat penting sekali,” tambahnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah telah melakukan survei terkait mudik. Kata Jokowi, sebelum ada larangan mudik dari pemerintah, sebanyak 89 juta orang atau 33 persen akan pulang ke kampung halamannya.

Setelah adanya larangan mudik dari pemerintah, jumlah masyarakat yang akan pulang kampung berkurang menjadi 11 persen atu sekira 29 juta orang. Namun hal tetap menjadi perhatian bagi pemerintah.

“Begitu kita sosialisasi kita sampaikan termasuk oleh bupati dan wali kota, turun menjadi 7 persen. Tapi angkanya juga masih besar. Hati-hati 18,9 juta orang yang masih akan berusaha mudik,” katanya.

Komentar

News Feed