oleh

Jika Regulasi Tak Berubah, Pilgub Sulbar Digelar 2024

MAMUJU – Kapan pelaksanaan Pilgub Sulbar menjadi hal paling hangat didiskusikan pasca pikada serentak tahun ini.

Untuk itu, Komisioner KPU Sulbar Farhanuddin memberikan penjelasan. Berdasarkan, Pasal 201 Ayat (8) UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, jelas diuraikan bahwa pilkada serentak nasional dijadwalkan pada November 2024.

Kemudian dalam Pasal 201 Ayat (9) UU Nomor 10 Tahun 2016 dijelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 dan 2023, akan diangkat penjabat gubernur, bupati, serta walikota, sampai terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota pada Pilkada 2024.

Farhanuddin menjelaskan lagi, bahwa ada wacana perubahan jadwal dengan merevisi undang-undang tersebut, itu tentu kewenangan DPR-RI dan Pemerintah sebagai pembuat undang-undang.

“Jika regulasi ini belum berubah, maka Pilgub Sulbar baru akan digelar pada 2024. Tentu kita merujuk ke undang-undang pilkada yang masih berlaku. Kalaupun ada wacana bahwa revisi undang-undang Pilkada, sebagaimana beredar di media bahwa tetap ada Pilgub 2022, kita juga siap,” tegas Farhanuddin. (ham)

Komentar

News Feed