oleh

Jalur Zonasi Juga Akan Diterapkan Bagi Tenaga Pengajar

MAMASA–Kabupaten Mamasa selangkah lebih maju dalam penerapan jalur zonasi. Bukan saja berlaku bagi penerimaan peserta didik baru, tetapi bagi tenaga pengajar pun akan diberlakukan jalur zonasi.

Sistem zonasi penerimaan murid baru, baru diterapkan dalam kota Mamasa pada sekolah tingkat dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2019/2020.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa, Tutug Widodo menilai pemberlakuan sistem zonasi ini bertujuan untuk pemerataan jumlah anak didik di setiap sekolah.  “Sering ada anak didik yang kelebihan di salah satu sekolah, sementara di sekolah lain kekurangan,” terang Tutug Widodo.

Secara teknis penerimaan murid baru menerapkan tiga kriteria. Yaitu 5 persen diambil dari calon murid yang pintar. 5 persen dari perpindahan orang tua, dan 90 persen yang berdomisili di sekitar sekolah.

Syarat bagi calon murid atau siswa yang baru mendaftar diwajibkan melampirkan kartu keluarga (KK) yang ditanda tangani kepala desa atau lurah setempat. “Dengan begitu kita akan tahu, apa kah betul dia berdomisili di sekitar sekolah atau tidak,” jelasnya.

Peneraman jalur zonasi baru diberlakukan untuk wilayah kota Mamasa. Namun tidak menutup kemungkinan sistem zonasi ini akan diberlakukan secara umum disetiap kecamatan.

Selain peserta didik, jelas Tutug, bagi tenaga pengajar juga bakal diberlakukan sistem zonasi. “Kalau ada guru yang menumpuk di salah satu sekolah maka kita akan tempatkan ke sekolah yang dekat

Kepala SDN 1 Mamasa, Parlina yang ditemui, sistem zonasi diberlakukan karena adanya kebijakan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mamasa, berdasarkan keputusan Bupati Mamasa. “Jadi kami hanya akan menerima murid baru berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan Disdikbud, untuk murid baru yang berdomisili di sekitar Kelurahan Mamasa,” terang Parlina.

Adapun jumlah murid baru yang akan diterima nantinya hanya sebanyak 56 orang atau hanya untuk dua ruang kelas. “Selebihnya akan dilaporkan ke dinas. Nanti dinas yang akan mengatur,” sebutnya.

Ia menambahkan, adapun jadwal penerimaan murid baru SDN 001 Mamasa tahun ajaran 2019 yaitu, pendaftaran 12-26 Juni 2019. Kemudian seleksi dan validasi data 27-6 Juli 2019, pengumuman 8 juli 2019, permulaan tahun ajaran 15 Juli 2019, MPLS 15-17 Juli 2019. (r4)

Komentar

News Feed