oleh

Jalin Kerja Sama, Permudah Layanan

MAMUJU – PT Bank Sulselbar Syariah Cabang Mamuju melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Universitas Tomakaka (UNIKA) Mamuju, Selasa, 25 Mei 2021.

Ruang lingkup kerja sama ini mencakup tiga poin, yakni kerja sama di bidang pembiayaan, pendanaan dan jasa layanan.

Kepala Cabang Bank Sulselbar Syariah Mamuju, Arman mengatakan, kerja sama yang dibangun dengan UNIKA memiliki konsep value chain atau rantai nilai sebagai solusi keuangan terintegrasi dengan basis segmen komunitas.

Kerja sama di bidang pembiayaan meliputi lima poin, yakni pembiayaan konsumtif model implant atau kolektif. Implementasi produk garaha berkah IB atau pembiayaan rumah. Produk oto berkah IB atau pembiayaan kendaraan dan implementasi produk murabahah emas serta produk gadai emas.

“Banyak keuntungan yang didapatkan Universitas Tomakaka dengan kerja sama ini. Seperti, jika ada dosen atau pegawai yang ingin mengajukan pembiayaan bisa diproses tanpa jaminan melalui pembiayaan implan. Fasilitas pembiayaan rumah atau KPR juga kita sediakan. Tak hanya itu, dosen dan pegawai yang berminat memiliki mobil baru dengan rade jauh di bawah normal yakni 9 persen per tahun. Serta produk pembiayaan kepemilikan emas dan pembiayaan gadai emas juga kita sediakan,” ujar Arman, di kantornya, Senin 25 Mei 2021.

Di bidang pendanaan, kerja samanya meliputi tiga poin, yakni implementasi peningkatan produk tabungan. Implementasi peningkatan produk giro serta peningkatan produk deposito.

“Kerja sama ini khusus peningkatan produk tabungan, jadi semua dosen dan pegawai bisa ditata kelola gajinya. Selain itu, mahasiswa Universitas Tomakaka semuanya akan dibukakan rekening untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran. Ini akan memudahkan pihak kampus di bidang pembayaran gaji dan uang kuliah mahasiswa. Pihak kampus tidak perlu lagi memikirkan terkait pengelolaan keuangan, cukup fokus ke peningkatan kualitas pendidikan. Ini juga akan mengurangi beban biaya kampus,” paparnya.

Begitu juga bidang jasa layanan, yakni implementasi agen laku pandai. Implementasi cash management sistem serta implementasi QRIS.

“Di kerja sama ini, pihak Universitas Tomakaka bisa menjadi agen dari Bank Sulselbar Syariah. Jadi bisa melayani penarikan dan setoran juga di kampus, seperti pembayaran air, listrik dan lainnya. Tentunya kita menyiapkan fee untuk setiap transaksi,” ujarnya.
Sementara itu, Rektor UNIKA Mamuju Syahril menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, ini memang harus dilakukan demi pengembangan UNIKA Mamuju ke depan.

“Kerja sama ini memang hampir wajib dilakukan jika ingin berkembang. Agar bisa berkembang kita butuh pihak ketiga yang memiliki kapasitas di bidangnya. Dengan adanya kerjasama ini, saya yakin kami bisa terbantu dalam pengelolaan keuangan. Selain itu, kita juga akan terbantu dalam hal lainnya, seperti sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. Karena jika kami memiliki mahasiswa yang banyak, akan berdampak juga kepada pendapatan Bank Sulselbar,” tandasnya. (ian/ajs)

Komentar

News Feed